PTA Surabaya gelar pelantikan 4 Hakim Tinggi dan 8 Ketua Pengadilan Agama serta Wakil Panitera PTA Surabaya
Dipublikasi 30 Januari 2014 08:59:54 oleh Web Admin Dibaca sebanyak 991 kali

Surabaya | pta-surabaya.go.id

Bertempat di aula Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Surabaya, kamis (30/1/2014) dilangsungkan Pelantikan 4 (empat) Hakim Tinggi PTA Sutabaya, Pelantikan dan Serah Terima Jabatan 8 (delapan) Ketua Pengadilan Agama di wilayah Jawa Timur Dan Pelantikan Wakil Panitera PTA Surabaya.


Foto Pelantikan

Dalam suasana yang penuh khidmat, tepat pukul 09:00 WIB, Ketua PTA Surabaya Dr. H. M. Rum Nessa, S.H., M.H. memasuki ruang upacara pelantikan. Acara dimulai dengan pembacaan Surat Kepetusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan 8 (delapan) Ketua Pengadilan Agama dan Wakil Panitera PTA Surabaya.

Seluruh pejabat yang akan dilantik membaca Pakta Integritas yang dipimpin oleh seorang Hakim Tinggi yang dilantik. Dihadapan Ketua PTA Surabaya secara bergantian dilakukan penandatanganan Pakta Integritas disaksikan oleh seluruh undangan. Acara dilanjutkan dengan prosesi pelantikan yang dilakukan langsung oleh Ketua PTA Surabaya kepada 4 (empat) Hakim Tinggi, 8 (delapan) Ketua Pengadilan Agama, dan Wakil Panitera PTA Surabaya, diikuti dengan lagu Bagimu Negeri.

Ketua PTA Surabaya mengucapkan selamat kepada semua pejabat yang telah dilantik dan menekankan tantang penegakan hukum. Dalam pengerahannya beliau menyampaikan "Hakim dalam mengadili perkara jangan menjadi mulut undang-undang, dia harus memperhatikan tujuan hukum yaitu keadilan, kepastian hukum, dan kemanfaatan. Oleh karena itu harus memperhatikan pasal 5 (1) Undang-undang 48 tahun 2009 jo pasal 229 KHI (Kompilasi Hukum Islam) bahwa hakim dalam mengadili perkara harus memperhatikan dan menggali nilai-nilai hukum dan keadilan masyarakat, serta harus berani mengadakan pembaharuan hukum". Mengakhiri pengarahannya beliau, mengutip pendapat Prof. Taverner "Dengan penegakan hukum yang baik, hukum yang buruk sekalipun akan menghasilkan keadilan masyarakat".

Ikut hadir dalam acara tersebut Ketua PTA Bandung Dr. H. Chatib Rasyid, S.H., M.H., Ketua PTA Mataram Drs.H.A. Karim A. Razak, S.H., M.H., Ketua PTA Palembang Drs. Yasmidi, S.H., M.H., dan Wakil Ketua PTA Semarang Drs. H.M. Said Munji, S.H., M.H., serta Ketua, Wakil Ketua dan Panitera/Sekretaris Pengadilan Agama se Jawa Timur.


Foto pelantikan Hakim Tinggi PTA Surabaya, Ketua Pengadilan Agama dan Wakil Panitera PTA Surabaya.

Hakim Tinggi yang dilantik :
1. Drs H. Zubair Masruri, S.H., jabatan lama HTPTA Mataram menjadi HTPTA Surabaya
2. Drs. H. Busro Bin Mustahal, S.H., M.S.I. jabatan lama HTPTA Palembang menjadi HTPTA Surabaya
3. H.M. Munir Achmad, S.H., M.Hum. jabatan lama HTPTA Mataram menjadi HTPTA Surabaya
4. Drs. H. Moh. Chamid, S.H., M.H. jabatan lama HTPTA Mataram menjadi HTPTA Surabaya

Ketua Pengadilan Agama yang dilantik :
1. Agus Purwanto, S.H. jabatan lama Ketua PA Slawi 1B menjadi Ketua PA Banyuwangi 1A
2. Drs. Ilham Abdullah, S.H., M.Kn. jabatan lama Ketua PA Indramayu 1A menjadi Ketua PA Jember 1A
3. Drs. M. Edy Afan, M.H. jabatan lama Waka PA Magetan 1B menjadi Ketua PA Kota Kediri 1B
4. Drs. H. Abd. Salam, S.H., M.H. jabatan lama Ketua PA Sidoarjo 1B menjadi Ketua PA Magetan 1B
5. Drs. H, Mudjahidin A.R., M.Hum. jabatan lama Ketua PA Girimenang II menjadi Ketua PA Pamekasan 1B
6. Drs. Musaddad Zuhdi, M.H. jabatan lama Waka PA Salatiga 1B menjadi Ketua PA Pacitan 1B
7. Drs. H.M. Munawan, S.H., M.Hum. jabatan lama Ketua PA Pacitan 1B menjadi Ketua PA Trenggalek 1B
8. Drs. H. Muhammad Syafi, S.H., M.H. jabatan lama Waka PA Kangean II menjadi Ketua PA Kangean II

Wakil Panitera PTA Surabaya :
H. Syaifuddin Latief, S.H. jabatan lama Pansek PA Lamongan menjadi Wakil Panitera PTA Surabaya

Mengakhiri acara dilakukan pemberian ucapan selamat kepada seluruh pejabat yang dilantik dan pemberian tali asih kepada pejabat lama wakil panitera PTA Surabaya H. Moh. Djaini, S.H. serta pengumuman pemenang lomba-lomba olahraga dalam rangka pelepasan Wakil Panitera PTA Surabaya.

Pada Kesempatan ini dilakukan penyerahan secara simbolis Sertifikat Mediator oleh Ketua PTA Surabaya Bapak Dr. H.M. Rum Nessa, S.H., M.H. yang diwakili oleh Bapak Zakhwan Daiman sebagai perwakilan dari Persatuan PurnaBhakti Pengadilan Tinggi Agama Surabaya dan Bapak Drs. H. Sholeh, S.H., M.H.

[iyok642]


Index Berita