Ketua MA : Penyerahan Sertifikat Akreditasi Dan Launching e-Court Wujud Nyata Langkah Menuju Visi Mahkamah Agung RI
Dipublikasi 13 Juli 2018 21:59:24 oleh Web Admin Dibaca sebanyak 263 kali

Balikpapan | pta-surabaya.go.id

Bertempat di Borneo Ballroom Hotel Novotel Balikpapan Kalimantan Timur dimulai tepat pukul 13.30, Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia menyerahkan sertifikat akreditasi penjaminan mutu (SAPM) untuk lingkungan Peradilan Agama kepada 13 Pengadilan Tingkat Banding dan 132 Pengadilan Tingkat Pertama.

Pengadilan Tinggi Agama Jawa Timur merupakan salah satu yang menerima sertifikat dengan Predikat A “Excellent” yang diterima langsung oleh Ketua bapak Dr.H.M.Rum Nessa,SH,MH. Daftar Pengadilan Tingkat Banding lingkungan Peradilan Agama yang juga penerima sertifikat diantaranya dengan Predikat A “Excellent” adalah Pengadilan Tinggi Agama Sumatra Utara, Pengadilan Tinggi Agama Sumatra Barat, Pengadilan Tinggi Agama Sumatra Selatan, Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung, Pengadilan Tinggi Agama Banten, Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat, Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta, Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Barat, Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah, Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Utara, Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat dan Pengadilan Tinggi Agama Maluku.


Penyerahan Akreditasi Penjaminan Mutu 4 Lingkungan Paradilan

Sedangkan juga menerima sertifikat 15 Pengadilan tingkat pertama dengan predikat Predikat A “Excellent” yaitu :

  1. Pengadilan Agama Ponorogo
  2. Pengadilan Agama Mojokerto
  3. Pengadilan Agama Gresik
  4. Pengadilan Agama Bangkalan
  5. Pengadilan Agama Probolinggo
  6. Pengadilan Agama Situbondo
  7. Pengadilan Agama Kraksaan
  8. Pengadilan Agama Bangil
  9. Pengadilan Agama Jombang
  10. Pengadilan Agama Nganjuk
  11. Pengadilan Agama Tulungagung
  12. Pengadilan Agama Kab Kediri
  13. Pengadilan Agama Kab Madiun
  14. Pengadilan Agama Ngawi
  15. Pengadilan Agama Lamongan

Acara yang dihadiri oleh jajaran pimpinan Mahkamah Agung RI, Pejabat eselon I, Eseleon 2 dan 3 dari empat lingkungan peradilan serta Ketua, Panitera, Sekretaris penerima sertifikat dan Undangan berlangsung khidmat. Dalam sambutannya Ketua Mahkamah Agung diantaranya bahwa Mahkamah Agung RI terus bergerak cepat melakukan reformasi sistem peradilan secara menyeluruh khususnya melakukan implementasi teknologi informasi dalam sistem peradilan.


15 Satker wilayah PTA Jawa Timur menerima Sertifikat Penjaminan Mutu

Dalam kesempatan yang sama Ketua Mahkamah RI Baru meluncurkan secara resmi aplikasi elektronik Court atau E-Court. Sebagai langkah awal, saat ini layanan E-Court Mahkamah Agung baru dapat diimplementasikan pada pengguna pengacara atau advokat terdaftar, namun kedepan ruang lingkup penggunanya akan diperluas untuk perorangan terdaftar, sehingga layanan kemudahan ini dapat dinikmati oleh semua kalangan.

Beliau juga menambahkan bahwa Tingkat pelayanan lembaga peradilan di Indonesia mungkin belum bisa setaraf dengan pengadilan-pengadilan di negara-negara yang telah maju budaya hukum dan peradilannya, namun sikap optimisme perlu terus ditanamkan agar gerak perubahan tersebut tetap berputar secara dinamis menuju ke standar peradilan secara internasional. Peningkatan standar pelayanan peradilan oleh pengadilan-pengadilan di Indonesia setidaknya telah berkontribusi dalam mendukung kemudahan berusaha di Indonesia berdasarkan penilaian dari Bank Dunia.


Foto Bersama Rombongan Satker Wilayah PTA Jawa Timur

Kesuksesan suatu layanan dinilai antara lain melalui survei kepuasan masyarakat terhadap layanan yang diberikan. Survei ini adalah sarana yang obyektif dalam menilai dan mengevaluasi pelaksana serta model layanan. Hasil survei yang dipublikasikan di website-website pengadilan menunjukkan peningkatan kepuasan masyarakat terhadap layanan pengadilan. Namun, tentunya tidak boleh menutup mata juga dengan survei yang dilakukan oleh lembaga-lembaga di luar pengadilan terhadap pelayanan yang diberikan oleh lembaga peradilan kepada para pencari keadilan.

Sertifikat ini bukan akhir, tetapi awal untuk terus menerus melakukan implementasi menuju pelayanan yang lebih baik, pelayanan yang lebih prima dan pelayanan yang lebih berkualitas.

[rb]

Index Berita