Laksanakan Koordinasi dan Evaluasi, PTA Surabaya selenggarakan Rapat Koordinasi bersama PA Se-Jawa Timur
Dipublikasi 23 November 2018 18:35:14 oleh Web Admin Dibaca sebanyak 207 kali

Surabaya | pta-surabaya.go.id

Dalam rangka meningkatkan koordinasi Pengadilan tingkat pertama dan Pengadilan tingkat banding serta melaksanakan evaluasi pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan serta langkah-langkah akhir tahun 2018; Jumat, 23 November 2018 Pengadilan Tinggi Agama Surabaya melaksanakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi di Aula PTA Surabaya.

Kegiatan diikuti Pimpinan dan Hakim Tinggi PTA Surabaya, Ketua, Wakil Ketua, Panitera, dan Sekretaris Pengadilan Agama Se-Jawa Timur serta beberapa perwakilan Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Wilyah Jawa Timur, dengan membaca Basmallah acara dimulai tepat pukul 08.30 WIB.


Rapat Koordinasi dan Evaluasi PTA Surabaya dan PA Se-Jawa Timur

Direktur Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) PTA Surabaya Dra. Hj. Zulaecho, M.H. menekankan bahwa dalam pelaksanaan Assesmen Surveillance APM tahun 2018 Pimpinan dan seluruh pegawai Pengadilan agar menjaga konsisten dan meningkatkan atas capaian hasil akreditasi. Membudayakan pola kerja 5R (RINGKAT, RAPI, RESIK, RAWAT, RAJIN) serta dalam pelayanan publik dengan sikap 3S (SENYUM, SALAM, SAPA).

Dengan dikeluarkan pedoman baru atas pelaksanaan APM sesuai Surat Keputusan Dirjen Badan Peradilan Agama nomor 2081.b/DJA/OT.01.3/SK/10/2018 tanggal 6 Oktober 2018 tentang Pemberlakuan Pedoman Akreditasi Penjaminan Mutu Badan Perdailan Agama, maka ini menjadi pedoman seluruh warga peradilan Agama dalam melaksanakan tugas dan menjamin mutu pelayanan masyarakat pencari keadilan.


dari kiri; H. Syaifuddin Latief, S.H., M.Hes.; Dra. Hj. Zulaecho, M.H.; Drs. H. Muzni Ilyas, S.H., M.H.; H. Agus Widyo Susanto, S.H., M.H.

Ketua Pengadilan Agama (PA) Surabaya, Drs. H. Suhadak, S.H., M.H. sharing atas pelaksanaan Uji petik Reformasi Birokrasi (RB) dan Zona Integritas (ZI) di PA Surabaya. ZI meurpakan suatu keharusan yang pelaksanaanya dilakukan sebagaimana tahapan yang di tetapkan dalam PERMENPAN nomor 52 tahun 2014.

Untuk menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), satuan kerja harus memenuhi manajeman perubahan, manajemen SDM, Penguatan Pengawasan, dan Penguatan Akuntabilitas Kenerja. Dan untuk menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), satuan kerja harus memenuhi sebagian besar perdikat WBK dan Penguatan Kualitas Pelayanan Publik.


Peserta Rapat Koordinasi dan Evaluasi PTA Surabaya dan PA Se-Jawa Timur

Wakil Panitera PTA Surabaya, H. Syaifuddin Latief, S.H., M.Hes. dalam pemaparannya menyampaikan Prosentase penanganan penyelesaian perkara yang dilaksanakan tahun ini sampai dengan bulan oktober 2018. Predikat pertama PA Kab.Malang dengan prosentase penanangan penyelesaian 82,19% dari 8.825 perkara disusul PA Surabaya 80,63% dari 8.668 perkara untuk kelompok satuan kerja dengan jumlah perkara lebih dari 4000 perkara pertahun.

Predikat pertama Upload Putusan yang disajikan pada Direktori Putusan Mahkamah Agung RI tertinggi adalah PA Jember dengan prosentase upload 99,97% sebanyak 7.214 perkara disusul PA Banyuwangi 99,68% sebanyak 6.164 perkara untuk kelompok satuan kerja dengan jumlah perkara lebih dari 4000 perkara pertahun.

Dalam Pelaksanaan One Day Publish yang merupakan Program Nasional Badan Peradilan Agama MA-RI, sampai dengan bulan ini predikat pertama PA Surabaya 98,63% sebanyak 646 perkara per bulan (bulan september 2018), disusul PA Jember 62,09% sebanyak 439 perkara bulan september 2018 untuk kelompok satuan kerja dengan jumlah perkara putus diatas 500 perbulan.

Sekretaris PTA Surabaya, H. Agus Widyo Susanto, S.H., M.H. menyampaikan capaian tertinggi dalam Penyerapan Anggaran DIPA tahun 2018 dan memberi arahan kepada satuan kerja dengan penyerapan yang kurang baik.


Rapat Koordinasi dan Evaluasi PTA Surabaya dan PA Se-Jawa Timur

Penyampaian terakhir oleh Plt. Wakil Ketua PTA Surabaya, Drs. H. Muzni Ilyas, S.H., M.H., beliau menyampaikan hasil pembinaan Ketua Mahkamah Agung RI tanggal 21 Oktober 2018 di Manado. Beliau juga memotivasi seluruh pimpinan dan pegawai pengadilan agama di wilayah jawa timur untuk meningkatkan kinerja, beliau menceritakan; "setiap pagi berangkat ke kantor, melewati jalan-jalan di surabaya, jalanannya bersih tidak ada daun dijalan dengan taman tertata rapi dan pohon yang sejuk. Petugas kebersihan menjalankan tugasnya dengan baik dan HASILNYA langsung BISA DIRASAKAN masyarakat. Kita warga peradilan dengan penghargaan (*gaji) yang lebih tinggi dari mereka harus memberikan kinerja yang lebih untuk masyarakat pencari keadilan".

Reformasi Birokrasi (RB) menupakan Program kerja nasional Pemerintah Indonesia, sejalan dengan itu Program kerja Mahakamah Agung RI adalah Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) dan Zona Integritas (ZI) harus menjadi pedoman perilaku dan budaya kerja seluruh warga peradilan.

Materi Rapat Koordinasi dan Evaluasi dibagikan secara paperless melalaui server PTA Surabaya dan email ke satuan kerja masing-masing.

iyok642


Index Berita