Berita Pengadilan Tinggi Agama Surabaya
PTA SURABAYA DAN KANWIL PERTANAHAN JATIM, SUKSES MELAKUKAN TINDAK LANJUT MOU PERCEPATAN PENETAPAN AHLI WARIS DAN PENGURUSAN SERTIFIKAT TANAH
Tanggal Rilis Berita : 28 Maret 2022, Pukul 07:51 WIB, Telah dilihat 276 Kali

Surabaya  - 25 Maret 2022, Dalam rangka sebagai tindak lanjut MoU Pengadilan Tinggi Agama Surabaya dengan Kantor Wilayah Pertanahan Jawa Timur pada tanggal 9 Maret 2021 terkait percepatan penetapan ahli waris dan pengurusan sertifikat tanah, maka Pengadilan Agama Surabaya sebagai salah satu satuan kerja dibawah PTA Surabaya melakukan Sidang Terpadu Penetapan Ahli Waris yang bekerjasama dengan Kantor Pertanahan Kota Surabaya I. Penetapan Ahli Waris ini adalah salah satu syarat permohonan administrasi dalam pengajuan PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) / pengurusan sertifikat tanah yang dilakukan di Kantor Kelurahan Wiyung, Kecamatan Wiyung, Kota Surabaya.

1

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Ketua, Panitera PTA Surabaya, dan Ketua, Panitera PA Surabaya, serta Perwakilan dari Kantor BPN Surabaya II. Dalam sidang terpadu ini, sebanyak 27 perkara (3 perkara dari Kelurahan Banyu Urip, 2 perkara dari Kelurahan Siwalankerto dan 22 perkara dari Kelurahan Wiyung) yang disidangkan dengan susunan majelis hakim PA Surabaya antara lain Dr. Drs. H. Tamat Zaifudin, M.H. sebagai Ketua Majelis, Dra. Hj. Chulailah dan Drs. H. Ah. Thoha, S.H., M.H. sebagai Hakim Anggota dan Ahmad Zainuddin, S.H., sebagai Panitera Pengganti PA Surabaya. 

2

Program ini adalah program yang membantu masyarakat khususnya pada hari ini 25 Maret 2022, masyarakat Surabaya pertama kali memperoleh kemudahan dalam pengurusan penetapan ahli waris. Setelah sidang dilakukan pihak dapat menerima langsung penetapan ahli warisnya lalu sertifikat tanah pun juga dapat diterima secara mudah dan tanpa ribet. Hal ini tentunya sangat membantu secara langsung dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Biasanya pengurusan sertifikat tanah pertama kali memakan waktu yang cukup lama tetapi dengan adanya sidang terpadu PTSL (Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap) ini masyarakat menjadi sangat terbantu. Salah satunya Ibu Ernawati warga kelurahan wiyung mengaku sangat terbantu dengan adanya program ini. Pengurusan penetapan ahli waris dan sertifikat tanah menjadi lebih mudah, cepat selesai dan tanpa ribet. “Saya sangat terbantu dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terselenggaranya program ini”, ujarnya disaat menerima sertifikat tanah oleh Wakil Ketua PTA Surabaya.

3

Selain itu Wakil Ketua PTA Surabaya – Drs. H. Makmun S.H., M.H. mengaku sangat senang dengan banyaknya minat masyarakat yang didapatkan dalam program ini. Selain itu semoga program ini dapat menjadikan pelopor dalam menciptakan berbagai inovasi yang dapat membantu masyarakat dalam hal lain. (one/rum) 

Belum ada komentar, jadilah yang pertama Komentar !