Berita Pengadilan Tinggi Agama Surabaya
Tingkatkan Kualitas Tanaga Teknis, PTA Surabaya Ikuti Bimtek “Temuan Problematika Penerapan Hukum Acara dalam Berkas Kasasi dan Peninjauan Kembali”
Tanggal Rilis Berita : 20 Juni 2022, Pukul 07:46 WIB, Telah dilihat 39 Kali

PTA Surabaya mengikuti Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Tenaga Teknis di Lingkungan Peradilan Agama dengan tema “Temuan Problematika Penerapan Hukum Acara dalam Berkas Kasasi dan Peninjauan Kembali”  yang dilaksanakan di Aula Pengadilan Tinggi Agama Surabaya (17/06). Bimbingan Teknis yang juga dilakukan secara langsung melalui channel Youtube milik Dirjen Badilag ini diikuti oleh hakim Tinggi, Panitera, Panitera Muda dan Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Surabaya. 

1

Kegiatan ini dihadiri oleh Yang Mulia Hakim Agung Kamar Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia, Bapak Dr. H. Purwosusilo, S.H., M.H. sebagai narasumber. Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas tenaga teknis di lingkungan peradilan agama dalam permasalahan teknis yustisial, Bapak Dr. H. Purwosusilo, S.H., M.H. menyampaikan terdapat 8 temuan penerapan hukum secara perdata dalam perkara kasasi dan Peninjauan Kembali, yaitu : 

  1. Eksepsi kompetensi relatif tanpa jawaban pokok perkara
  2. Penerapan eksepsi kompetensi relatif
  3. Kapan hakim menjatuhkan putusan yang dinilai kabur
  4. Akta autentik tidak ada aslinya
  5. Penerapan sumpah decissoir
  6. Penyelesaian pengakuan berklausul
  7. Penyelesaian alat bukti akta dibawah tangan yang dibantah
  8. Amar eksepsi dalam putusan.
2

Dengan diadakannya bimbingan teknis ini diharapkan seluruh pengadilan di lingkungan peradilan agama Mahkamah Agung RI dapat menerapkan hukum acara dalam berkas perkara kasasi dan peninjauan kembali secara kompleks dan bisa sebagai bahan perbaikan kedepannya dalam menangani perkara. (rck/rom)

Belum ada komentar, jadilah yang pertama Komentar !