Berita Pengadilan Tinggi Agama Surabaya
SEKRETARIS MA RI DALAM PEMBINAANNYA : JANGAN BERMAIN-MAIN DENGAN PERKARA
Tanggal Rilis Berita : 10 Oktober 2022, Pukul 12:43 WIB, Telah dilihat 79 Kali

Bertempat di Ballroom Hotel Westin Surabaya dilakukan Pembinaan Peningkatan Kapasitas SDM menuju pengadilan berkelas dunia oleh Sekretaris Mahkamah Agung RI - Prof. Dr. H. Hasbi Hasan, S.H., M.H. dan beliau berkesempatan membuka secara resmi kegiatan bimtek tersebut, Minggu (9/10/2022). Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari mulai dari tanggal 9 Oktober s.d 10 Oktober 2022 dengan menghadirkan pula Dirjen Badilag MARI serta para Pimpinan Badilag yang lain. Kegiatan ini diikuti oleh Para Pimpinan Pengadilan Agama di Wilayah PTA Surabaya serta Pimpnan dan Pejabat PTA Surabaya.

2

Acara diawali dengan pemaparan materi bimtek Peningkatan Kapasitas SDM Pengadilan Agama menuju Pengadilan Berkelas Dunia oleh Prof. Dr. H. Hasbi Hasan, S.H., M.H. dengan dimoderatori oleh Hakim Tinggi PTA Surabaya- Drs.H.Hasan Bisri, S.H., M.H. Menurut Sekretaris MARI untuk menjadikan pengadilan agama menjadi pengadilan yang berkelas dunia perlu diterapkan pengadilan yang transparan & akuntabel, pengadilan yang berbasis teknologi informasi, dan juga pengadilan yang responsive & adaptif. “Sekarang ini pengadilan agama dituntut agar adanya fleksibilitas kerja, efisiensi layanan, akurasi layanan, percepatan layanan”, tuturnya.

3

Prof. Dr. H. Hasbi Hasan, S.H., M.H. juga memaparkan beberapa award yang berhasil diraih oleh Mahkamah Agung, salah satunya adalah BKN Award 2022 Peringkat Pertama Kategori Penilaian Kompetensi di Bidang Pengelolaan Sumber Daya Manusia. Sekretaris Mahkamah Agung RI juga mengingatkan untuk Jangan pernah bermain-main dengan perkara, Lembaga kita sedang disorot, mari pulihkan Kembali kepercayaan masyarakat.

4

Selain melakukan pembinaan, dilakukan juga acara tasyakuran kenaikan kelas Pengadilan Agama se wilayah Pengadilan Tinggi Agama Surabaya. Pengadilan tingkat pertama di lingkungan peradilan agama seluruh Indonesia terbagi ke dalam tiga kelas pengadilan yaitu kelas 1A kelas 1B dan kelas 2. Kelas pengadilan tersebut menunjukkan beberapa hal seperti beban perkara kompleksitas perkara letak geografis dan keadaan demografi di wilayah yurisdiksinya. Di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Jawa Timur, terdapat 13 pengadilan yang mengalami kenaikan kelas. Kenaikan kelas ini merupakan puncak dari upaya kolektif yang dilakukan satuan kerja, PTA, Badilag, dan Mahkamah Agung untuk mengusulkan kenaikan kelas sejumlah satuan kerja Pengadilan Agama. 

5

Hal ini patut kita syukuri bersama karena peningkatan kelas ini adalah jawaban dari harapan seluruh aparatur pengadilan khususnya di wilayah pengadilan tinggi agama Jawa Timur agar ada penyesuaian kelas pengadilan dengan beban kerja yang sedemikian berat. Kenaikan kelas pengadilan juga membawa konsekuensi akan tanggung jawab yang lebih besar kepada seluruh aparatur untuk menjawab harapan masyarakat serta kepercayaan pemerintah agar peningkatan kelas pengadilan ini benar-benar diiringi dengan peningkatan kinerja. “Saya selaku sekretaris Mahkamah Agung mengucapkan selamat kepada satuan kerja Pengadilan Agama di lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Jawa Timur yang mendapatkan kenaikan kelas. Semoga kenaikan kelas ini membawa kebaikan dan keberkahan kepada kita semua warga Peradilan Agama dan seluruh lapisan masyarakat pencari keadilan.”, tandasnya diakhir pembinaan. (nvr/one)

Belum ada komentar, jadilah yang pertama Komentar !