Berita Pengadilan Tinggi Agama Surabaya
BIMTEK MANAJEMEN KESEKRETARIATAN DI LINGKUNGAN PTA SURABAYA TAHUN 2022
Tanggal Rilis Berita : 29 November 2022, Pukul 08:25 WIB, Telah dilihat 141 Kali

Sidoarjo – Humas, Pengadilan Tinggi Agama Surabaya mengadakan bimbingan teknis manajemen kesekretariatan di Hotel Aston Sidoarjo City Hotel & Conference Center. Bimbingan teknis ini dihadiri oleh Sekretaris, Kepala Sub Bagian Umum dan keuangan dan Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata laksana Pengadilan Agama Se Jawa Timur. Sebagaimana diketahui jumlah Pengadilan Agama di Jawa Timur ini ada 37 satuan kerja, mulai yang kelas IA, Kelas IB maupun kelas II. Dilaksanakan pada tanggal 28-30 November 2022, bimtek ini membahas tentang Pengendalian Interen Pelaporan Keuangan (PIPK) dan Keprotokolan serta SKP sesuai permenpan No.6 Tahun 2022

2

Dalam bimtek kali ini terdapat empat (4) materi yang disampaikan dalam materi ini, materi tersebut adalah; ESQ (Emotional Spiritual Quotient), Sosialisasi dan Penyusunan SKP 2022 sesuai Permenpan Nomor 6 Tahun 2022, Pengendalian Intern Pelaporan Keuangan (PIPK) dan Keprotokolan. Masing-masing materi disampaikan oleh pemateri yang expert, materi ESQ disampaikan oleh Muhammad Zulfikarullah. Materi Sosialisasi dan Penyusunan SKP 2022 sesuai Permenpan Nomor 6 Tahun 2022 dengan narasumber : Daddy Liberty A, S.H., M.H. – Asessor SDM Aparatur Kantor Regional II BKN Surabaya. Pengendalian Intern Pelaporan Keuangan (PIPK) dengan narasumber : Chandra Julihandono SJ – Pejabat Fungsional Analis Perbendaharaan DJPB Provinsi Jawa Timur. Keprotokolan dengan narasumber : Guntur Bagus Tri Atmojo, S.STP, M.Sos – Kasubbag Hubungan Keprotokolan Sekretariat Daerah Prov. Jawa Timur.
 

3

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya, Bapak Bahruddin membuka secara langsung bimbingan teknis ini dengan didampingi oleh Panitera dan Sekretaris PTA Surabaya serta Ketua PA Sidoarjo. Beliau menjelaskan bahwa bimtek ini diadakan guna meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Pengadilan Agama se-wilayah Pengadilan Tinggi Agama Surabaya, agar menciptakan SDM yang profesional, unggul dan berdaya saing. “Kepada seluruh peserta saya sampaikan agar dapat mengikuti bimtek dengan baik, serap ilmu pengetahuan dari pemaparan materi oleh narasumber, dan nantinya dapat diterapkan di satker masing-masing, mudah mudahan dapat bermanfaat dan dapat membantu dalam melaksanakan tugas sebagaimana tusi masing-masing.” Harapnya pada akhir sambutannya.
 

4

Lebih lanjut sambutan beliau dengan PIPK merupakan pengendalian yang secara spesifik dirancang untuk memberikan keyakinan pada pelaporan keuangan atau kegiatan yang terkait dengan keuangan negara. Pada Tahun 2022 ini, menurutnya seluruh satuan kerja dibawah Mahkamah Agung diminta untuk melakukan penerapan dan penilaian PIPK dengan akun signifikan yang sudah ditetapkan dalam Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 1181/SEK/SK/IX/2022 yaitu Persediaan Barang Konsumsi dan Bahan untuk Pemeliharaan dan Belanja Pemeliharaan Gedung dan Bangunan serta Belanja Pemeliharaan Gedung dan Bangunan Lainnya. PIPK ini tujuannya bukan untuk mencari kesalahan. Penerapan PIPK bertujuan untuk memberikan keyakinan bahwa penyusunan laporan keuangan yang dilakukan oleh satuan kerja telah dilaksanakan dengan sistem pengendalian intern yang memadai.
 

5

Selain itu, Sasaran Kinerja Pegawai atau SKP adalah rencana kerja dan target yang harus dicapai oleh pegawai dalam kurun waktu penilaian yang bersifat nyata dan dapat diukur serta disepakati pegawai dan atasannya. Tujuannya adalah untuk menjamin objektifitas pembinaan PNS yang dilakukan berdasarkan sistem prestasi kerja. Sasaran Kinerja Pegawai mengalami perubahan ketentuan dalam penyusunannya. Tahun lalu, penyusunan SKP mengacu pada Peraturan Menteri PANRB Nomor 8 Tahun 2021 dan tahun ini menyesuaikan dengan Peraturan Menteri PANRB Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja ASN.
 

6

Pada penyusunan SKP tahun ini, salah satu perbedaan dengan SKP tahun lalu adalah pimpinan unit kerja juga harus memberikan ekspektasi perilaku kepada pegawainya sesuai dengan core velues ASN BerAKHLAK yang meliputi, orientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. Selain itu, terdapat mekanisme feedback dalam penyusunan SKP Tahun 2022, di mana ketika staf di bawahnya melaporkan evidence pekerjaannya maka pejabat yang menilai harus memberikan feedback berupa rating bintang atas output yang dilaporkan. Masih banyak lagi perbedaan yang signifikan dan akan dipaparkan oleh narasumber pada bimtek kali ini. (cit/one)

7
Belum ada komentar, jadilah yang pertama Komentar !