Berita Pengadilan Tinggi Agama Surabaya
BIMTEK NASIONAL TENTANG EKSEKUSI
Tanggal Rilis Berita : 10 September 2021, Pukul 03:58 WIB, Telah dilihat 472 Kali

Surabaya, Humas – Pengadilan Tinggi Agama Surabaya mengikuti Bimbingan Teknis Kompetensi Tenaga Teknis Peradilan Agama yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama MA RI (10/09/2021). Dalam kesempatan ini acara dilakukan secara virtual dengan narasumber Bapak Dr. H. Amran Suadi, S.H., M.H., M.M. dengan tema “Berbagai Permasalahan Praktik Eksekusi di Pengadilan”. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua, Hakim Tinggi, Hakim, dan Panitera beserta jajarannya pada Pengadilan Agama Tingkat Banding dan Pertama seluruh Indonesia secara langsung maupun virtual Zoom Meeting dan Youtube. 

b

Acara dibuka dengan pengarahan dari Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MA RI, Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H., beliau meminta agar Pengadilan Tingkat Banding harus mengawasi dan mengambil langkah cepat untuk mengatasi masalah perkara eksekusi ini. Data menunjukkan bahwa tingkat kepastian hukum pelaksanaan putusan pengadilan masih perlu menjadi perhatian, tercatat ada 610 permohonan eksekusi yang tertunda. “Putusan pengadilan adalah mahkota Hakim sedangkan eksekusi putusan merupakan mahkota Pengadilan. Apabila putusan tidak bisa dilakukan maka kewibawaan peradilan dimata masyarakat akan hilang”, tandasnya.
 

c

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.H., M.M. selaku Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI, menyampaian materi terkait permasalahan dalam eksekusi. Beliau menekankan agar hakim menjaga kualitas putusan dan jangan melanggar hukum acara. Dalam hukum acara terdapat berbagai jenis sita antara lain sita jaminan, sita eksekusi, sita revindikasi, dan sita marital. Sita jaminan adalah kewenangan ketua majelis bukan kewenangan ketua pengadilan tetapi kalau sita eksekusi adalah kewenangan ketua pengadilan. terangnya.

d
e

Pada akhir acara dibuka dialog kepada para peserta. Tampak antusiasme peserta dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan sehingga acara menjadi semakin menarik. (ione/dzom)

Belum ada komentar, jadilah yang pertama Komentar !