Berita Pengadilan Tinggi Agama Surabaya
DEKLARASI KOMITMEN PANITERA PTA SURABAYA DALAM ACARA SOSIALISASI PENGISIAN DATA PERKARA SECARA VIRTUAL
Tanggal Rilis Berita : 14 Oktober 2021, Pukul 00:52 WIB, Telah dilihat 294 Kali

Surabaya – Humas, Dalam Rangka mendukung verifikasi dan validasi laporan data perkara Peradilan Agama tahun 2021 dan guna menyamakan presepsi data yang akurat pada MS/PTA Wilayah Masing-masing, Pengadilan Tinggi Agama Surabaya mengikuti Acara Sosialisasi Pengisian Laporan Data Perkara secara daring di Commad Center PTA Surabaya, Kamis (14/10/2021). Acara yang diadakan oleh Direktorat Pembinaan Administrasi Peradilan Agama ini diikuti oleh oleh Panitera Tingkat Banding, Panitera Muda Hukum Tingkat Banding, Ketua/Wakil Pengadilan Tingkat Pertama, Panitera Pengadilan Tingkat Pertama, Panitera Muda Permohonan, Gugatan, dan Hukum Tingkat Pertama serta Pelaksana Pengadministrasian Pengadilan Agama di Wilayah PTA Jambi, PTA Bengkulu, dan PTA Surabaya.

2

Turut Hadir dalam acara ini Panitera PTA Surabaya - Hj. Siti Romiyani, S.H., M.H., Panitera Muda Hukum Tingkat Banding - Dra.Hj.Suffana Qomah, dan Pelaksana Pengadministrasian - M. Hadi Risqianto, S.H. Acara ini dilaksanakan berdasarkan Surat Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Nomor 3474/DjA.3/HM.00/10/2021 tanggal 7 Oktober 2021 perihal Laporan Perkara Acara yang bertujuan untuk menyamakan data perkara agar data menjadi presisi, akurat, dan akuntabel yang dimana data perkara ini selain menjadi bahanpengambilan kebijakan juga kerap diminta oleh stakeholder maupun peneliti dalam melakukan riset/penelitian. 

3

Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Dr. Dra. Nur Djannah Syaf, S.H., M.H. memimpin langsung jalannya acara, beliau meminta kepada Panitera Pengadilan Tinggi Agama untuk melakukan deklarasi komitmen untuk menyelesaikan masalah kevalidan data perkara ditahun 2021 nanti, maka Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama memberikan waktu kepada seluruh satker hingga minggu ke empat bulan oktober.

4

Setelah itu, Nur Djannah mempersilahkan Panitera Pengadilan Tinggi Agama yang menjadi tamu undangan untuk melakukan deklarasi komitmen terhadap permasalahan ketidakakuratan data ini. Panitera PTA Surabaya – Hj. Siti Romiyani, S.H., M.H. menyampaikan komitmennya “Kami PTA Surabaya berserta Jajaran Pengadilan Agama di wilayah PTA Surabaya berkomitmen siap untuk menyelesaikan segala ketidakvalidan baik kinsatker maupun keuangan mulai januari tahun 2021 di Tahun 2021 ini, sehingga nanti kedepan ketidaksamaan ini tidak akan terulangi lagi”, ujarnya untuk mempertegas kesanggupan PTA Surabaya beserta Pengadilan Agama dibawahnya.

5

Dalam kesempatan ini pula, Direktorat Pembinaan Administrasi Ditjen Badilag melakukan pembaharuan (Update) APS badilag versi 2.0 sesuai surat Dirjen Badilag Nomor : 3207/DJA/HM.00/9/2021 di mana di dalamnya telah memuat fitur tambahan e-register untuk menghasilkan laporan perkara pada Satker Tingkat Banding berupa Rekap Data Perkata / RK 1-12 dan di Satker tingkat Pertama berasal dari laporan LIPA 1-23. Selain itu dengan dijelaskannya tahapan yang wajib dilaksanakan Mahkamah Syar’iyah/Pengadilan Agama setiap harinya pada aplikasi APS Badilag. Tahapan tersebut adalah validasi harian data perkara dan validasi data keuangan perkara. Selanjutnya kegiatan sosialisasi ditutup dengan tanya jawab dari tiap satuan kerja yang masih memiliki kendala dalam proses validasi data pada aplikasi APS Badilag. (one/rum)

Belum ada komentar, jadilah yang pertama Komentar !