PTA Surabaya
BERITA

“SATU KEBURUKAN AKAN MERUSAK SERIBU KEBAIKAN” UJAR KETUA MA RI DALAM PEMBINAAN BIDANG TEKNIS DAN ADM YUDISIAL

Surabaya – Humas : Jajaran Aparatur Pengadilan Tinggi Agama Surabaya mengikuti Pembinaan Bidang Teknis dan Administrasi Yudisial oleh Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M. Syarifuddin, SH., MH bersama para pimpinan Mahkamah Agung secara virtual. Acara ini diikuti oleh para Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama  pada 4 (Empat) lingkungan peradilan seluruh Indonesia, pada hari Kamis (21/10/2021). Dijadwalkan selama 3 hari acara ini berlangsung, mulai tanggal 21 Oktober 2021 sampai tanggal 22 Oktober 2021 secara daring dan tanggal 23 Oktober 2021 secara luring di Ruang Lotus Grand Ballroom Lt.1 Hotel Sintesa Paninsula Manado Jalan Jend. Sudirman, Gunung Wenang, Manado. 

2

Dalam pembinaan yang dimulai pukul 20.00 WIB s.d 23.00 WIB kali ini, Ketua Mahkamah Agung RI menyampaikan 12 (dua belas) hal penting antara lain: 

  1. Pola kerja Aparatur Peradilan di masa pandemi Covid-19.
  2. Kepatuhan pengisian LHKPN bagi pejabat di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya
  3. Proses pengadaan CPNS di lingkungan Mahkamah Agung
  4. Pengembangan aplikasi baru di Mahkamah Agung RI (e-BIMA)
  5. Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM
  6. Permasalahan dalam pelaksanaan eksekusi
  7. Regulasi yang diterbitkan Mahkamah Agung RI Tahun 2021
  8. Pedoman Penerapan Keadilan Restoratif (Restorative Justice)
  9. Pembangunan gedung pengadilan baru
  10. Partisipasi Mahkamah Agung Indonesia dalam forum CACJ
  11. Perilaku Aparatur Peradilan
  12. Penggunaan media sosial bagi Para Hakim dan Aparatur Peradilan.
3

Beliau banyak mendapatkan laporan bahwa masih ada di antara Hakim dan Aparatur Peradilan yang mengunggah foto - foto yang tidak pantas, menyampaikan pendapat -pendapat terkait perkara yang sedang berjalan, memposting ujaran-ujaran kebencian, serta mengunggah pernyataan-pernyataan yang berisi dukungan politik kepada salah satu organisasi politik tertentu di media sosial. “Saya tegaskan kembali agar para Hakim dan Aparatur Peradilan senantiasa bersikap bijak dan hati-hati dalam menggunakan media sosial, karena setelah unggahan kita menyebar di ruang publik, maka hal itu akan bisa dilihat dan dibaca oleh siapa pun, termasuk oleh pihak-pihak yang berperkara”, tegasnya.

4

Diakhir sambutan beliau berpesan kepada seluruh Aparatur Peradilan, “Jika kita tidak mampu menjadi contoh yang baik bagi orang lain, janganlah menjadi sebab untuk terjadinya keburukan, karena satu keburukan akan merusak seribu kebaikan yang sudah dilakukan”, ucap beliau mengakhiri sambutannya.

5

Kemudian acara dilanjut dengan pemaparan materi oleh jajaran Pimpinan Mahkamah Agung lainnya, antara lain: Dr. Andi Samsan Nganro, SH., MH -  Wakil Ketua MARI Bidang Yudisial, Dr. H. Sunarto, S.H., M.H. - Wakil Ketua MARI Bidang Non Yudisial, Prof. Dr. Takdir Rahmadi, S.H., L.LM. - Ketua Kamar Pembinaan MARI, Dr.H.Supandi, SH.,M.Hum - Ketua Kamar Tata Usaha Negara MARI, Dr. H. Amran Suadi, SH., MH - Ketua Kamar Agama MARI, Dr. H. Suhadi, S.H., M.H. - Ketua Kamar Pidana MARI, Mayjend TNI Dr. Burhan Dahlan, S.H., M.H. - Ketua Kamar Militer MARI, Dr. H. Zahrul Rabain, S.H., M.H - Ketua Kamar Pengawasan MARI dan I Gusti Agung Sumanatha, S.H., M.H. - Ketua Kamar Perdata MARI. Para peserta terlihat serius dan antusias dalam menerima setiap pemaparan yang diberikan. Semoga dengan pembinaan kali ini bisa menambah wawasan serta dapat dipraktekan di dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing. (one/ms)

Tahukah Kamu Fakta Tentang PTA Surabaya ?

PTA Surabaya mempunyai 37 Pengadilan Tingkat Pertama

Berita Terkini

PEMANTAPAN DESK EVALUASI 5 PENGADILAN AGAMA DI JAWA TIMUR By : Muh. Basuki Kurniawan, A.Md Tanggal : 17 Februari 2021

Surabaya – Humas, Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Melakukan Pemantapan Desk Evaluasi Dan Evaluasi Verifikasi Lapangan WBK/WBBM, Senin (15/11/2021). Kegiatan Ini Dilakukan Di Aula PTA Surabaya Yang Diikuti Oleh Ketua Pembangunan Zona Integritas,...

KETUA MA : PENTINGNYA MEMBANGUN KEPERCAYAAN PUBLIK By : Muh. Basuki Kurniawan, A.Md Tanggal : 17 Februari 2021

Surabaya – Humas, Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Mengikuti Undangan Pembinaan Teknis Dan Administrasi Yudisial Oleh Pimpinan Mahkamah Agung RI Di Hotel Shangri La Surabaya, Jum’at (17/12/2021). Acara Yang Dilakukan Secara Luring Dan Daring Ini...

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambah Komentar

* Email tidak akan dipublikasikan
* Jika tidak diisi akan menggunakan foto default