Berita Pengadilan Agama Pacitan
Pengucapan Pakta Integritas
Tanggal Rilis Berita : 03 Oktober 2022, Pukul 14:51 WIB, Telah dilihat 30 Kali
Satuan Kerja : Pengadilan Agama Pacitan

Pengucapan Pakta Integritas

Pacitan, 3 oktober 2022. Dalam rangka meningkatkan Integritas Pejabat Pimpinan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama di Lingkungan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, Pengadilan Agama Pacitan mengikuti Pengucapan Pakta Integritas. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual melalui Zoom dipimpin oleh Dirjen Badilag dan diikuti oleh seluruh satuan kerja dibawahnya mulai pukul 13.00 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua, Panitera, dan Sekretaris Pengadilan Agama Pacitan. 

Sebelum mengucapkan Pakta Integritas secara bersama-sama, Dirjen Badilag mengingatkan bahwa sebagai ASN khususnya ASN Mahkamah Agung, selayaknya kami tidak melakukan segala bentuk tindakan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme, membiasakan diri untuk bekerja dengan integritas termasuk tidak keluar kantor tanpa izin di jam kerja, menjaga gaya hidup yang sederhana, dan bijak dalam menggunakan media sosial. Hal ini dikarenakan, dimanapun kita berada, kita membawa nama baik instansi. Oleh karena itu, kita harus menjaga sikap dan perilaku dalam setiap tindakan. Selain itu, sebagai lembaga negara, kita juga harus senantiasa menjaga kepercayaan publik.

Selanjutnya, kegiatan dilaksanakan dengan membacakan Pakta Integritas sebagai berikut:

1. Saya tidak akan melakukan praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau kelompok tertentu, menyalahgunakan wewenang, kesempatan atau sarana yang ada pada saya, karena jabatan atau kedudukan saya, yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.

2. Saya akan selalu menjaga citra dan kredibilitas Mahkamah Agung RI dan Pengadilan melalui pelaksanaan tata kerja yang jujur, transparan dan akuntabel untuk mendorong peningkatan kinerja serta keharmonisan antara pribadi baik di dalam maupun di luar lingkungan Mahkamah Agung RI dan Pengadlan, sesuai Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim dan atau Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

3. Apabila saya melanggar hal-hal yang telah saya nyatakan dalam Pakta Integritas ini, saya bersedia dikenai sanksi seberat-beratnya.