Berita Pengadilan Agama Bondowoso
PA BONDOWOSO IKUTI ZOOM MONITORING DAN EVALUASI PROGRAM DAN PERENCANAAN
Tanggal Rilis Berita : 30 November 2022, Pukul 16:06 WIB, Telah dilihat 20 Kali
Satuan Kerja : Pengadilan Agama Bondowoso
Whats-App-Image-2022-11-30-at-3-44-20-PM


Rabu, 30 November 2022 – Biro Perencanaan dan Organisasi Badan Urusan Administrasi MA RI menggelar monitoring dan evaluasi program dan anggaran secara virtual. Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Himne Mahkamah Agung. Dilanjutkan dengan pembukaan oleh Kepala Biro Perencanaan BUA H. Sahwan, S.H., M.H. Beliau menyampaikan jika penyerapan anggaran oleh Mahkamah Agung hingga pada hari ini telah mencapai 87,45%. “Setiap satuan kerja jika kegiatan telah terlaksana untuk segera diajukan SPM, agar penyerapan realisasi dapat mencapai 90% pada pertengahan Desember”, Ujar H. Sahwan, S.H., M.H. Selain itu, disampaikan juga harapan dari beliau kepada setiap satuan kerja untuk dapat memperbaiki program-program agar lebih baik dari tahun sebelumnya.
 

Untitledd


Narasumber pada zoom meeting kali ini berasal dari Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Ardi Artopo. Materi yang disampaikan berupa Evaluasi Kinerja Anggaran dan Persiapan Perencanaan. Evaluasi kinerja bertujuan untuk: (1) Membuktikan akuntabilitas kinerja; (2) Peningkatan kualita; (3) Sejauh mana hasil yang didapat (value for money). Dalam penyampaian materinya, Ardi Artopo mengatakan bahwa terdapat tiga aspek penilaian, “Terdapat tiga aspek penilaian dalam evaluasi anggaran, yaitu Implementasi, Manfaat dan Konteks”. Selanjutnya disampaikan pula perihal persiapan perencanaan untuk tahun anggaran 2024, dimana pada saat penyusunan perlunya mengacu pada prioritas nasional dan menjaga keberlanjutan kebijakan-kebijakan yang telah dilaksanakan sebelumnya.
Zoom meeting dilanjutkan dengan bimbingan teknis mengenai evaluasi kinerja anggaran melalui aplikasi SMART dan IKPA. Diharapkan dengan dilaksanakannya zoom meeting tersebut dapat membantu setiap satuan kerja dalam menyusun program dan anggaran untuk tahun anggaran selanjutya, serta penyerapan anggaran dapat segera direalisasi hingga mencapai 100% pada akhir tahun anggaran 2022.