Berita Pengadilan Agama Kabupaten Kediri
PA Kab. Kediri Hadiri Monev Program dan Anggaran BUA MA RI
Tanggal Rilis Berita : 01 Desember 2022, Pukul 10:43 WIB, Telah dilihat 1188 Kali
Satuan Kerja : Pengadilan Agama Kabupaten Kediri

PA Kab. Kediri Hadiri Monev Program dan Anggaran BUA MA RI

KEDIRI - Hari Selasa, tanggal 30 November 2022. Pengadilan Agama Kabupaten Kediri menghadiri Undangan Monitoring dan Evaluasi Program dan Anggaran dari Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI. Agenda tersebut dihadiri secara daring atau online melalui Zoom Meeting. Agenda dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 15.30 WIB. Agenda dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pertama yaitu terkait Monev Kinerja Anggaran dan Perisaapan Perencanaan. Kemudian sesi dua yaitu terkait Penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2022 Wilayah Dilmilti Surabaya.

monev1

Sesi satu diisi oleh Direktorat Anggaran Bidang Polhukhankam dan BA BUN, Kementerian Keuangan Republik Indonesia terkait Monev Kinerja Anggaran dan Perisaapan Perencanaan. Pemateri menjelaskan terkait Siklus Penyusunan dan Pelaksanaan APBN. Kemudian dilanjutkan dengan memberi Evaluasi dalam penganggaran, meliputi dasar hukum, tujuan, latar belakang, dan aspek penilaian. Nilai Capaian Kinerja atas pelaksanaan anggaran semester I 2022 pada Mahkamah Agung RI memiliki kinerja yang kurang baik, yaitu memiliki peringkat ke 33 dari 82 Kementerian/Lembaga. Hal tersebut mengindikasikan upaya perbaikan yang dilakukan tahun 2021 belum dilakukan kembali di tahun 2022 ini. Kemudian dijelaskan pula kendala/hambatan, solusi cara meningkatkan nilai kinerja level satker, serta hal-hal yang harus diperhatikan lebih.

monev2

Kemudian sesi dua diisi oleh Biro Perencanaan dan Organisasi Badan Urusan Administrasi terkait Penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2022 Wilayah Dilmilti Surabaya. Pemateri menjelaskan Perubahan Aspek dan Indikator Kinerja. Semula terdiri dari 4 aspek untuk IKPA 2021 menjadi 3 aspek untuk IKPA 2022. Kemudian semula terdiri dari 13 indikator kinerja untuk IKPA 2021 menjadi 8 indikator kinerja untuk IKPA 2022. Kemudian dijelaskan juga tata cara perhitungan IKPA per Indikator Kinerja secara detail sekaligus dengan ilustrasinya. Diharapkan dengan adanya Monitoring dan Evaluasi Program dan Anggaran ini dapat meningkatkan nilai capaian kinerja Pengadilan Agama Kabupaten Kediri.

Tim IT PA.Kab. Kediri @2022