Berita Pengadilan Agama Kabupaten Malang
PA Kab. Malang Ikuti Monitoring dan Evaluasi Program dan Anggaran Tahun 2022
Tanggal Rilis Berita : 01 Desember 2022, Pukul 15:26 WIB, Telah dilihat 10158 Kali
Satuan Kerja : Pengadilan Agama Kabupaten Malang

Rabu, 30 November 2022, Pengadilan Agama Kabupaten Malang mengikuti kegiatan Monitoring dan Evaluasi peningkatan kinerja dan kualitas penganggaran pada tahun 2022 secara virtual. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Badan Urusan Administrasi (BUA) Mahkamah Agung RI berdasarkan Surat Nomor 295/Bua.1/OT.01.1/11/2022 tanggal 29 Januari 2022 tentang Monitoring dan Evaluasi Program dan Anggaran. Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut diikuti oleh Kepala Sub Bagian Perencanaan, Teknologi, Informasi dan Pelaporan – Junaidi Syampurno, S.H. dan Analis Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan – Dhimas Aditya Rahman, S.A.K.

Whats-App-Image-2022-12-01-at-2-11-13-PM

Pada kegiatan tersebut, Direktorat Jenderal Anggaran memaparkan materi tentang Evaluasi Kinerja Anggaran dan Persiapan Perencanaan. Dalam jangka menengah arah kebijakan difokuskan untuk mendorong transformasi  ekonomi guna peningkatan kapasitas produksi dan daya saing melalui reformasi struktural. Tujuannya adalah tetap difokuskan pada tujuh prioritas nasional yakni: 1. Memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan; 2. Mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan; 3. Meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing; 4. Revolusi mental dan pembangunan kebudayaan; 5. Memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar; 6. Membangun lingkungan hidup, meningkatkan ketahanan bencana, dan perubahan iklim; serta 7. Memperkuat stabilitas polhukhankam dan transformasi pelayanan publik.

Whats-App-Image-2022-12-01-at-2-11-02-PM

Untuk menerapkan program prioritas nasional tersebut, maka perlu menjaga keberlajutan kebijakan-kebijakan yang telah dilaksanakan, antara lain adalah: Pemulihan sosial-ekonomi, pengembangan kualitas SDM melalui pelaksanaan program Indonesia pintar, pelaksanaan pembangunan infrastruktur, pelaksanaan berbagai program perlindungan sosial yang adaptif, serta pemerataan dan pengurangan kesenjangan baik antarkelas pendapatan dan antarwilayah. Sedangkan untuk perbaikan perencanaan anggaran 2024 diantaranya adalah: 1. Hitung kebutuhan belanja pegawai, Barang maupun Modal secara cermat; 2. Perbaiki pola distribusi baik distribusi pagu maupun distribusi target RO; 3. Fokus pada prioritas, orientasi pada hasil (result based); 4. Penuhi data dukung segera saat mengusulkan kebutuhan anggaran; 5. Meningkatkan Kualitas Belanja  melalui Peningkatan Efisiensi dan Efektivitas Belanja (Value for Money); 6. Reviu pelaksanaan kegiatan dan identifikasi masalah/hambatan yang dihadapi.