Berita Pengadilan Tinggi Agama Surabaya
PTA SURABAYA MELAKUKAN KOORDINASI WBBM DENGAN PTA YOGYAKARTA
Tanggal Rilis Berita : 19 Januari 2022, Pukul 12:21 WIB, Telah dilihat 304 Kali

Yogyakarta – Humas, Pengadilan Tinggi Agama Surabaya melakukan Koordinasi Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju WBBM di Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta, Selasa (18/01/2022). Acara ini diikuti oleh perwakilan dari masing-masing area Tim ZI Pengadilan Tinggi Agama Surabaya sesuai dengan surat tugas Ketua PTA Surabaya nomor W13-A/486/HM.01.1/01/2022 tanggal 12 Januari 2021.

1

Acara ini diawali oleh sambutan dari Ketua PTA Surabaya yakni Bapak Drs. H. Moh. Yamin Awie, S.H., M.H. Beliau menyatakan bahwa tujuan melakukan kunjungan ke PTA Yogyakarta adalah untuk silaturahmi sekaligus menimba ilmu untuk dapat memperoleh gelar selanjutnya (WBBM). Beliau menyebutkan bahwa seluruh ketua koordinator area 1 s.d 6 dan juga tim IT PTA Surabaya turut serta, dengan harapan tidak ada sedikitpun ilmu yang tercecer/sia-sia. Semoga kita dapat menimba ilmu dengan baik dan menerapkannya dengan baik pula sehingga tidak sia-sia usaha kita belajar langsung dengan PTA Yogyakarta“, ujarnya.  Tak lupa pula beliau berdoa agar seluruh kegiatan positif yang dilakukan dapat bernilai berkah di mata Allah SWT. 
 

2

Lebih lanjut sambutan yang disampaikan oleh Bapak Drs. M. Shaleh, M.Hum selaku Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta menyampaikan tentang usaha yang dilakukan oleh PTA Yogyakarta sehingga dapat meraih predikat WBBM. Bahwa dalam meraih itu semua, yang harus ditanamkan kepada seluruh pegawai dari Ketua hingga tenaga honorer adalah tekad dan komitmen yang kuat untuk meraih WBBM. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan melakukan berbagai kerja sama dengan pihak lain guna memudahkan masyarakat dalam berperkara. “Salah satu usaha yang kami lakukan adalah dengan penyelesaian perkara tidak lebih dari 1 bulan. Selain itu pada saat putus, amar putusan dapat langsung diterima oleh para pihak melalui aplikasi yang kami buat” ujarnya. Beliau juga menyampaikan untuk selalu menjalin komunikasi yang baik dan intens dengan dengan responden (masyarakat penerima layanan maupun satuan kerja dilingkungan Pengadilan Tinggi Agama). 
 

3

Dalam koordinasi ini disampaikan pula kiat-kiat sukses meraih ZI menuju WBBM oleh Panitera dan Sekretaris PTA Yogyakarta. Beliau berdua sangat kompak dalam hal koordinasi antara lini sehingga memberikan dampak yang baik kepada pembangunan Zona Integritas di PTA Yogyakarta. Dalam pemaparan yang diberikan oleh Panitera Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta Drs. H. Misbahul Munir, S.H., M.H salah satunya adalah doa, semua warga PTA Yogyakarta dilibatkan dan saling bahu membahu untuk mendoakan agar PTA Yogyakarta bisa meraih WBBM pada tahun 2021. Adapun kegagalan PTA Yogyakarta pada WBBM di tahun 2020 membuat kami untuk intropeksi dengan semua kekurangan dari PTA Yogyakarta yang harus diperbaiki. “Setelah semua intropeksi maka diciptakannya 34 inovasi terdiri dari 17 Aplikasi dan 17 Kebijakan serta semuanya langsung didaftarkan di Kemenpan RB”, tandasnya.


 

4

Dalam kesempatan terakhir dilakukan pemaparan oleh Sekretaris PTA Yogyakarta – Karyarini Fatonah, S.H., M.M., beliau mengingatkan untuk selalu membangun kekompakan , kebersamaan dan internalisasi Pembangunan ZI setiap hari bagi seluruh pegawai PTA Yogyakarta. Selanjutnya juga dilibatkannya semua warga PTA Yogyakarta “Bahkan pemeran utama di video ZI kami adalah tenaga kontrak, mereka paling hafal yel-yel PTA Yogyakarta”, tandasnya. PTA Yogyakarta juga meningkatan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dengan one day minute dan one day publish, yang mana pemberitahuan pendaftaran sampai putus akan diberitahukan kepada para pihak lewat chat, dan juga PTA Yogyakarta juga menerapkan sidang yang harus dilakukan sebelum dhuhur, sehingga bisa langsung publish dan diberitahukan kepada para pihak pada hari itu juga dan melarang adanya sidang pada hari Jum'at.


 

5

PTA Yogyakarta juga membangun jaringan pelayanan/kerja sama dengan stakeholder lain seperti BPN, BPS, UGM, UMY, UII untuk mempercepat pelayanan dan kemudahan proses dalam memberi pelayanan kepada masyarakat. Dan yang terakhir disampaikan oleh Beliau adalah kebersamaannya dari seluruh warga PTA Yogyakarta yang sangat dijaga dengan baik. (ctr/nvr/ione/dzom)

Belum ada komentar, jadilah yang pertama Komentar !