Berita Pengadilan Tinggi Agama Surabaya
KETUA PTA SURABAYA MENGIKUTI REFLEKSI KINERJA MAHKAMAH AGUNG RI
Tanggal Rilis Berita : 04 Januari 2023, Pukul 12:32 WIB, Telah dilihat 106 Kali

Surabaya – Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya mengikuti zoom meeting yang diadakan oleh Mahkamah Agung Republik Indonesia, Rabu (04/01/2022). Kegiatan zoom meeting ini adalah Refleksi Kinerja Mahkamah Agung dan dipimpin langsung oleh Ketua Mahkamah Agung RI, Bapak Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H.,M.H. Dari Jakarta, refleksi kinerja Mahkamah Agung dihadiri secara langsung oleh seluruh jajaran tinggi  Mahkamah Agung RI.

2

Diawali dengan sambutan yang disampaikan langsung oleh Bapak Syarifuddin yang diantaranya menyampaikan langkah pemulihan Mahkamah Agung dalam mempertahankan kepercayaan masyarakat. Langkah pemulihan ini diantaranya, Memberhentikan sementara Hakim Agung dan Aparatur Mahkamah Agung yang diduga terlibat tindak pidana sampai dengan adanya putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap, dan Mahkamah Agung telah menerbitkan SK KMA Nomor 349/KMA/SK/XII/2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengisian Jatabatan dan Seleksi Panitera, Panitera Muda dan Panitera Pengganti.

3

Selanjutnya, Ketua Mahkamah Agung RI menjelaskan tentang jumlah layanan yang telah berhasil dijalankan melalui aplikasi e-Berpadu pada tahun 2022 sebanuak 43.407. Beliau juga menjelaskan bahwa produktivitas minutasi meningkat sebanyak 39.88% dari yang sebelumnya, di tahun 2021 produktivitas minutasi sebanyak 21.586 perkara dan di tahun 2022 menjadi 30.195. “Jumlah minutasi tahun ini merupakan rekor tertinggi dalam sejarah Mahkamah Agung. Untuk itu saya sampaikan terima kasih serta apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh yang telah berkontribusi dalam pemutusan perkara di Mahkamah Agung” ucapnya.

4

Dilanjutkan dengan pemaparan kinerja eksekusi, dalam hal ini khususnya di lingkungan peradilan agama. Beliau menyatakan bahwa jumlah permohonan eksekusi di tahun 2022 sebanyak 535. Sebanyak 83 permohonan dicabut, permohonan yang tidak dapat dieksekusi sebanyak 32 perkara dan yang sudah dilaksanakan 87 perkara. Dr. Syarifuddin juga memberikan apresiasi kepada kesekretariatan yang telah memunculkan berbagai inovasi dalam aplikasi di tahun 2022. Mahkamah Agung juga memperoleh juara 1 katagori peningkatan tata kelola berkelanjutan untuk kelompok Kementerian Lembaga dari Kementerian Keuangan RI di bidang pengelolaan asset dan lelang. (cit/one)

Belum ada komentar, jadilah yang pertama Komentar !