Berita Pengadilan Tinggi Agama Surabaya
PTA SURABAYA MENGIKUTI PEMBUKAAN BIMTEK SECARA DARING TAHUN 2023 DAN PEMBINAAN OLEH KETUA MARI
Tanggal Rilis Berita : 20 Januari 2023, Pukul 16:32 WIB, Telah dilihat 107 Kali

Surabaya – Humas. Pengadilan Tinggi Agama Surabaya mengikuti undangan dari Mahkamah Agung RI dengan nomor undangan 160/DjA/PP.00/1/2023. Undangan yang dilakukan secara daring di Aula Pengadilan Tinggi Agama Surabaya ini dihadiri oleh Ketua, Wakil, Seluruh Hakim Tinggi, dan Seluruh Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Surabaya, Jumat (20/01/2022). Tujuan dari undangan ini adalah untuk mengikuti Pembukaan Kegiatan Bimbingan Teknis Secara Daring Tahun 2023 dan Pembinaan oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung dengan tema “Program Prioritas Mahkamah Agung Republik Indonesia Tahun 2023 untuk Lingkungan Peradilan Agama”.
 

2

Acara dimulai dengan pembacaan doa oleh salah satu hakim tinggi PTA Gorontalo, yaitu bapak Drs. H. Muhamad Camuda, M.H. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembinaan di bidang administratif dan teknis yudisial. Sehingga kualitas pelayanan hukum semakin berkualitas. 
 

3

Sambutan Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H., Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi teknis bagi hakim dan tenaga teknis lainnya di peradilan agama serta pengembangan kualitas sumber daya manusia pada umumnya. Dengan sasaran akhir agar terbinanya aparatur peradilan agama yang kompeten dan konsisten dalam memertahankan semangat pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan. Selain itu bimbingan teknis yang dilakukan hari ini agar hakim dan tenaga teknis dapat mengikuti perkembangan-perkembangan terbaru dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi peradilan agama agar memiliki kesamaan pemahaman. Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H juga menyampaikan 4 program prioritas tahun 2023 antara lain:

  1. Penguatan Kelembagaan
  2. Penguatan Integritas
  3. Penguatan Sumber Daya Manusia
  4. Penguatan Pemanfaatan Teknologi Manusia


 

4

Selanjutnya sambutan oleh Ketua MA RI Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H., Kegiatan pembinaan macam ini sebagai sarana untuk mensosialisasikan program-program yang disusun untuk setahun kedepan. Kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan untuk menampung ide ide untuk kemajuan lembaga peradilan. Pertemuan macam ini merupakan wadah yang tepat untuk mendiskusikan perkembangan-perkembangan terbaru dibidang hukum khususnya yang berkaitan langsung dengan teknis yudisial di lingkungan peradilan agama. Hal ini untuk mengimbangi dan adaptasi perubahan yang terjadi begitu cepat sehingga tak jarang hukum tertinggal begitu terbelakang. Saya berharap kegiatan positif semaam ini terus dilakukan secara berkesinambungan. 
 

5

Akhir-akhir ini sudah terdengar bahwa banyaknya hakim dari makhamah agung yang tertangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini sangat berdampak bagi Mahkamah Agung yaitu menurunnya tingkat kepercayaan public kepada lembaga kita. Maka dari itu Ketua Mahkamah Agung mengajak seluruh hakim untuk tidak patah semangat dalam menegakkan integritas dan mewujudkan badan peradilan sebagai lembaga yang bersih. Dibutuhkan tekat dan solidaritas yang tinggi untuk kita semua. Agar kepercayaan masyarakat dalam mencari keadilan bisa kembali meningkat. (nvr/one)
 

6

 

Belum ada komentar, jadilah yang pertama Komentar !