Lumajang – Pada hari Selasa tanggal 27 Mei 2025 para pimpinan PA Lumajang melakukan koordinasi kinerja dengan seluruh pegawai PA Lumajang guna memberikan informasi penting terkait hal-hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan untuk kunjungan Badan Pengawas (Bawas) Mahkamah Agung RI. Koordinasi tersebut bertempat di Ruang Sidang Utama PA Lumajang dengan dipimpin oleh Ketua PA Lumajang, Dr. Drs. H. Rakhmat Hidayat HS, S.H., M.H. dengan didampingi oleh Wakil Ketua, Fatkur Rosyad, S.Ag., M.H. M.HES., Panitera, H. Khadimul Huda, S.H., M.H., dan Plt. Sekretaris, Faris Handoko, S.H. serta dihadiri oleh seluruh aparatur PA Lumajang. Agenda dalam koordinasi ini ialah pembinaan dan evaluasi kinerja hakim, kesekretariatan dan kepaniteraan.
Koordinasi ini diawali dengan pembinaan oleh Ketua PA Lumajang. Beliau mengapresiasi kolaborasi kinerja antar aparatur Pengadilan Agama Lumajang. Selain itu beliau juga senantiasa mengingatkan kepada seluruh aparatur Pengadilan Agama Lumajang untuk bersiap-siap untuk kunjungan Bawas. Beliau berpesan untuk membuat monitoring dan evaluasi (monev) disetiap bidang baik kepaniteraan maupun kesekretariatan.
Kemudian dilanjutkan dengan pembinaan oleh Wakil Ketua PA Lumajang, beliau berpesan untuk mempersiapkan kunjungan Bawas serta menindaklanjuti sebaik-baiknya apapun hasilnya. Dalam pembinaannya beliau menegaskan untuk selalu kompak, solid dan berhati-hati dalam bekerja. "kita harus bekerja dengan baik, supaya jika ada komplain darj masyarakat kita bisa memberikan solusi dan meminimalisir kesalahan", tuturnya.
Selanjutnya pembinaan oleh Panitera PA Lumajang, beliau menuturkan untuk sistem penilaian yang baru ini sistemmya per triwulan. Sehingga beliau menegaskan kepada seluruh pegawai untuk beradaptasi dan meningkatkan kinerja. Selain itu dalam pembinaannya beliau juga menyampaikan hasil rapat bersama PTA Surabaya dan temuan-temuan oleh PTA Surabaya yang perlu ditindaklanjuti. Menindaklanjuti monev yang disampaikan oleh Ketua PA Lumajang, Bapak H. Khadimul Huda, S.H., M.H. memberikan arahan untuk monev diadakan minimal 3 bulan sekali disertai dengan adanya surat undangan, notulensi dan foto sebagai eviden.
Disisi lain, Faris Handoko selaku Plt. Sekretaris, menyampaikan evaluasi kesekretariatan. Diantaranya dalam mempersiapkan kunjungan Bawas beliau menyampaikan bahwa SK dan SOP setelah diperbarui segera diupload ke website. Dalam koordinasi ini juga membuka sesi tanya jawab yang menghasilkan diskusi yang produktif. Selain hal-hal tersebut, koordinasi ini menjadi wadah untuk saling bersinergi dalam mencapai tujuan bersama dengan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat khususnya Kabupaten Lumajang.