PA Kota Malang Ikuti Sosialisasi Petunjuk Teknis Pengajuan Usulan RKBMN Tahun Anggaran 2027
PA Kota Malang Ikuti Sosialisasi Petunjuk Teknis Pengajuan Usulan RKBMN Tahun Anggaran 2027
Tanggal Rilis Berita : 14 Juli 2025, Pukul 12:29 WIB, Telah dilihat 8 Kali
Satuan Kerja : Pengadilan Agama Kodya Malang

Bertempat di ruang media center, perwakilan Pengadilan Agama (PA) Kota Malang mengikuti kegiatan sosialisasi petunjuk teknis pengusulan Rencana Kebutuhan Barang Milik Negara (RKBMN) untuk Tahun Anggaran 2027. Acara yang diselenggrakan oleh Badan Urusan Administrasi (BUA) Mahkamah Agung (MA) ini berlangsung secara daring melalui Zoom Meeting pada Senin, 14 Juli 2025. Acara ini dilaksanakan berdasar surat undangan BUA MA nomor 275/BUA.4/UND.PL1.2.1/VII/2025 tanggal 9 Juli 2025 tentang Sosialisasi Petunjuk Teknis Pengajuan  Usulan  RKBMN  Tahun Anggaran  2027  di  Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Khoirudin, S.H., M.H., Sekretaris PA Kota Malang, bapak Muhammad Irfan, S.H., Kasubag Umum dan Keuangan serta Sdr. Lucky Andika Rachman, S.H., Operator SIMAN PA Kota Malang. Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pengelolaan BMN di lingkungan Mahkamah Agung dan badan peradilan di bawahnya. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hyme MA dilanjutkan dengan pembacaan doa. Selanjutnya sambutan dan membuka acara sosialisasi secara resmi oleh Kepala Biro perlengkapan BUA, Ibu Rosyidatus Syarifeini, S.Psi., M.H..

Materi pertama disampaikan oleh Bapak Marwendi Putra, ST, MM selaku Kabag Tata Laksana Pengadaan Barang I. Beliau menyampaikan pengantar materi yaitu 4 Langkah Usulan RKBMN agar disetujui. 4 (empat) langkah tersebut meliputi update informasi Barang Milik Negara (BMN) di sistem asset, menghitung Standar Barang dan Standar Kebutuhan (SBSK) eksisting, mengikuti ketentuan petunjuk teknis dan sistem aplikasi dan yang terakhir after pengusulan. Penting diperhatikan terkait Langkah after pengusulan ini agar masing-masing satuan kerja tetap memantau secara berkala melalui sistem. Pada akhir materi beliau menyampaikan, “Mudah-mudahan kebutuhan yang diusulkan tahun ini dapat terpenuhi. Serta akan terus ditingkatkan pemenuhan kebutuhan pelayanan public agar layanan kepada para pihak lebih murah dan cepat”.

Materi kedua terkait sosialisasi dipaparkan oleh Ibu Ida Ariani, S.E., M.H., Kepala Sub Bagian Analisa Kebutuuhan Pengadaan Barang dan Jasa Wilayah I. Beliau menyampaikan materi sosialisasi petunjuk teknis pengusulan RKBMN focus pada timeline pengajuan usulan RKBMN  TA 2027dimulai pada bulan juli 2025 hingga oktober 2025 dimana keseluruhan tahapan pengisian melalui aplikasi e-Sadewa. “Semangat dalam pengisian RKBMN. Jangan sampai kita lengah atau salah dalam pengisian”, imbuh beliau.

Selanjutnya materi terkait pengusulan asuransi BMN melalui SIMAn V2 disampaikan oleh Bapak Eko Prihanto, S.H., M.H., Kabag Bimbingan dan Monitoring biro perlengkapan BUA MA-RI. Dalam materi yang disampaikan beliau berharap agar seluruh satuan kerja memastikan seluruh data terisi dengan akurat dan lengkap. Untuk materi teknis pengusulan asuransi pada aplikasi SIMAN disampaikan oleh Sdr Dian Firdaus Ahadi, S.St, Operator Penata Layanan pada Sub Bagian Bimbingan Monitoring B BUA. Setelah keseluruhan materi disampaikan, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh seluruh peserta yang hadir.