Jombang, 08 November 2023. Setiap pimpinanan memiliki gaya atau ciri khas tersendiri dalam mengelola satuan kerja yang dipimpinnya. Gaya tersebut bisa saja dipengaruhi dari latar belakang pemimpin yang bersangkutan. Tidak terkecuali Ketua Pengadilan Agama Jombang Drs. Ihsan Halik, S.H., M.H. Misalnya dalam urusan rapat koordinasi dengan Panitera ataupun Sekretaris yang rutin dilaksanakan setiap bulan. Bapak Ihsan Halik yang menjabat Ketua Pengadilan Agama Jombang selama hampir 1,5 tahun terakhir ini tidak memiliki model baku harus di ruang kerjanya. Bahkan terkadang beliau turun ke ruangan-ruangan ketika ada yang harus disampaikan.
Namun hari ini, Rabu (08/11/2023), Ketua Pengadilan Agama Jombang Drs. Ihsan Halik, S.H., M.H. bersama Wakil Ketua Pengadilan Agama Jombang Bapak Anwar Harianto, S.Ag. menggelar rapat monitoring dan evaluasi bersama Panitera, Sekretaris dan pejabat struktural dalam hal ini panitera muda dan kepala sub bagian. Ketua mengemas rapat dengan santai di ruangannya. Banyak topik yang menjadi pembahasan dalam rapat tersebut.
Kegiatan dibuka dengan bincang ringan antar bagian sambil menikmati hidangan dan kopi pagi. Kemudian Ketua memulai dengan evaluasi dan monitoring Triwulan III Pengadilan Agama Jombang. Pertama di bagian kepaniteraan yang nilainya smuanya sudah sempurna, akan tetapi ada beberapa hal yang membuat agak susah naik peringkat, yaitu di bagian Mediasi dan E-Court. Dua bagian tersebut agak berat karena berhubungan dengan pihak ke-3, sehingga kita kurang bisa mengontrolnya.
Sedangkan di bagian kesekretariatan, semua sudah mendapatkan nilai maksimal, termasuk keuangan DIPA yang saat ini belum tercapai semua karena masih dalam proses realisasi, akan tetapi sudah sesuai target. Sedangkan pada bidang PTIP sudah optimal karena nilai website sempurna, serta mendapatkan Peringkat III dalam kinerja semester I. Selanjutnya, menurut Bapak sekretaris ada satu bagian yang memang menjadi ganjalan bagi Pengadilan Agama Jombang yaitu Zona Integritas, dikarenakan Pengadilan Agama Jombang belum bisa mendapatkan predikat WBK apalagi WBBM. Oleh karena itu upaya perlu ditingkatkan, koordinasi perlu dimaksimalkan sehingga tujuan organisasi Pengadilan Agama Jombang dapat tercapai.
Selain evaluasi dan monitoring Trimulan III, ada juga beberapa topik penting menjadi prioritas yang didiskusikan dalam kegiatan rapat ini, yakni masalah pelayanan masyarakat, Perencanaan DIPA Tahun Anggaran 2025 serta langkah-langkah menghadapi akhir tahun, baik di bidang Kepaniteraan mauopun Kesekretariatan. Terkait masalah pelayanan masyarakat, Ketua menitikberatkan pada pelayanan para pencari keadilan diharapkan kita memberikan pelayanan yang maksimal bahkan khusus bagi penyandang disabiltas, Bapak Rahmat selaku Sekretaris mempunyai inisiatif atau inovasi yaitu “Layanan antar Jemput bagi Penyandang Disabiltas”. Yang terakhir dalam pembahasan pagi itu, adalah untuk persiapan “Laporan Akhir Tahun”, pada bagian Kepaniteraan yang berhubungan dengan perkara, mulai dari penerimaan sampai dengan persidangan. Menurut Ketua dimohonkan agar dapat disiasati untuk mendukung penyelesaian Laporan Akhir Tahun untuk menyelsaikan sebelum akhir tahun. Sedangkan Kesekretariatan semua lini sudah terselesaikan tinggal menunggu bagian keuangan untuk penihilan. (IT_PA.JBG)