Berita Pengadilan Agama Bangil
Gelar Rapat Dinas, Usut Problematika hingga Tuntas
Tanggal Rilis Berita : 19 Oktober 2022, Pukul 11:36 WIB, Telah dilihat 133 Kali
Satuan Kerja : Pengadilan Agama Bangil
rdn1

Bangil-(18/10) Pengadilan agama Bangil (PA Bangil) melakukan sosialisasi sekaligus Rapat Dinas yang dipimpin langsung oleh Ketua PA Bangil. Beliau menginformasikan jika tahun ini PA Bangil melakukan pemenuhan wilayah yuridiksi yang dari awal berdirinya PA Bangil seharusnya menjadi bagiannya. Menurut Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 207/KMA/SK/VI/2022 tentang Perubahan Ketiga Atas Keputusan Ketua Mahkamah Agung 200/KMA/SK/X/2018 tentang Kelas, Tipe dan Daerah Hukum Pengadilan Tingkat Pertama dan Pengadilan Tingkat Banding Pada Empat Lingkungan Peradilan. Keputusan ini memutuskan Pengadilan Agama Bangil Kelas I A, Lokasi Bangil dan Daerah Hukum Kabupaten Pasuruan.

Sebelumnya wilayah yuridiksi PA Bangil hanya kecamatan Bangil, Beji, Pandaan, Prigen, Purwodadi, Purwosari, Rembang, Sukorejo, Tutur dan Wonorejo. Dengan pemenuhan seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 24, maka kecamatan Pasrepan, Grati, Lumpang, Lekok, Rejoso, Kejayan, Kraton, Pohjentrek, Tosari, Winongan, Puspo, Nguling, dan Gondang Wetan kembali ke pangkuan PA Bangil.

rdn2

Kembalinya beberapa kecamatan tersebut menuntut PA Bangil untuk lebih cepat dalam menangani perkara. Selain itu, butuh tenaga tambahan berupa Sumber Daya Manusia (SDM) di PA Bangil, terkhusus hakim. Hakim di PA Bangil hanya berjumlah 6 orang yang sudah termasuk ketua dan wakilnya. Pembahasan selanjutnya yakni pemantapan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Daerah dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan. Perihal Dispensasi Kawin harus menyertakan surat sehat dari Dinas Kesehatan setempat.

Wakil Ketua PA Bangil juga memberikan semangat kepada seluruh aparatur PA Bangil agar bekerja dengan penuh dedikasi, intergritas, serta memberi pelayanan PRIMA kepada masyarakat yang mencari keadilan untuk memenuhi hak-hak nya sebagai warga negara. Demi PA Bangil dan lebih luasnya demi ummat kita harus mengabdi penuh untuk mereka. Setelah itu, rapat dinas diakhiri dengan pembahasan koperasi “Al-Mahkamah” dan pelaporan keuangan kas oleh kasubag keuangan dan umum.

 

(Tim Redaksi PA Bangil)