Berita Pengadilan Agama Bangkalan
PA BANGKALAN HADIRI BIMTEK MANAJEMEN KESEKRETARIATAN DI LINGKUNGAN PTA SURABAYA
Tanggal Rilis Berita : 01 Desember 2022, Pukul 08:39 WIB, Telah dilihat 1147 Kali
Satuan Kerja : Pengadilan Agama Bangkalan

Bangkalan – Sekretaris PA Bangkalan, H. Aris Dwi Sutiyono, S.T., S.H., beserta Kasubbag Umum dan Keuangan, Puspita Nur Astuti, S.E., M. H., dan Kasubbag Kepegawaian dan Ortala, Fatmawati, S.H., M.H. mengikuti Bimtek Manajemen Kesekretariatan di Lingkungan PTA Surabaya Tahun 2022. Bimtek ini digelar selama 3 (tiga) hari mulai 28 - 30 November 2022 di Aston City Hotel & Conference Center Sidoarjo dan diikuti oleh Sekretaris beserta Kasubbag Umum dan Keuangan dan Kasubbag Kepegawaian Ortala Pengadilan Agama se-Jawa Timur. Adapun materi Bimtek manajemen Kesekretariatan ini adalah : ESQ (Emotional Spiritual Quotient), Pengendalian Intern Pelaporan Keuangan (PIPK), Keprotokolan, Sosialisasi dan Praktik Penyusunan SKP 2022 sesuai Permenpan nomor 6 tahun 2022.

WhatsApp Image 2022 11 30 at 11.44.23

Bimtek hari pertama ini dibuka langsung oleh Ketua PTA Surabaya Bapak Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H. dengan diikuti oleh 111 peserta yang terdiri dari Para Sekretaris dan Para Kasubag dari 37 Satker di Lingkungan PTA Surabaya. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung RI, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan doa acara berlangsung tertib. Dalam sambutan Bimtek hari pertama, Bapak KPTA Surabaya menyampaikan bahwa “Kesekretariatan sebagai supporting unit di Pengadilan, diharapkan dapat memberikan laporan yg akurat, sehingga laporan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) Mahkamah Agung Republik Indonesia yang ke 10 bisa dipertahankan”, Tutur KPTA Surabaya. 

Setelah acara pembukaan selesai, materi dilanjutkan dengan pemberian ESQ oleh trainer dari PPA Institute, M. Zulfikarullah dengan tema besar “Spiritual Leadership”. Materi ESQ bertujuan untuk melatih kepemimpinan dan pengembangan kepribadian. Diharapkan, materi ESQ yang telah diberikan mampu membentuk karakter tangguh yang memadukan konsep kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual secara terintegrasi dan transendental. Materi hari kedua adalah sosialisasi dan penyusunan SKP sesuai dengan Permenpan Nomor 6 Tahun 2022 dilanjutkan dengan penyusunan sosialisasi Aplikasi e-Kiper SKP dan penyusunan SKP 2022 sesuai Permenpan Nomor 6 Tahun 2022 pada Aplikasi e-Kiper. Sedangkan pada bagian umum dan keuangan disampaikan terkait Pengendalian Intern Pelaporan Keuangan (PIPK) yakni teknik penilaian dan penyusunan serta laporan penilaian PIPK dengan narasumber Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) Jawa Timur. (ip)