Inovasi Tiada Henti Pengadilan Agama Jember
Inovasi Tiada Henti Pengadilan Agama Jember
Tanggal Rilis Berita : 29 Desember 2022, Pukul 18:36 WIB, Telah dilihat 5490 Kali
Satuan Kerja : Pengadilan Agama Jember

Inovasi Tiada Henti Pengadilan Agama Jember

Sebagai instansi pelayan publik, Pengadilan Agama Jember dari waktu ke waktu terus berbenah dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat wilayah hukum di Kabupaten Jember. Dengan memegang teguh lima motto Pelayanan Prima, yaitu: HEBAT (Harmonis, Elegan, Bijaksana, Akuntabel, Transparan). Kelima moto tersebut merupakan sebagai wujud pedoman dan komitmen pegawai Pengadilan Agama Jember untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada Para Pencari Keadilan. Sebagai wujud komitmen layanan prima, Pengadilan Agama Jember terus menerus berinovasi untuk berupaya menjadikan pengadilan yang modern, memberikan kemudahan layanan dan transparan serta terukur.

4

Selain itu sebagai salah satu pendukung keberhasilan dalam Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani adalah adanya inovasi dalam memberikan pelayanan publik. Inovasi tersebut sebagai solusi dalam permasalahan yang dihadapi Para Pihak dalam pelayanan sehingga Para Pihak mendapatkan pelayanan yang memuaskan. Inovasi tersebut baik berupa pemanfaatan teknologi informasi maupun kebijakan pelayanan. Untuk mewujudkan pelayanan yang prima dan berkualitas, Pengadilan Agama Jember tiada henti mmengembangkan inovasi-inovasi yang HEBAT. Inovasi aplikasi tersebut meliputi antara lain:

1. ASWAJAH (Aplikasi Sidik Jari dan Wajah)
2. PTSP Online
3. Aplikasi Antrian Sidang
4. Aplikasi Antrian Layanan PTSP
5. SURKEMAS (Survey Kepuasan Masyarakat)
6. INDRA (Informasi dan Notifkasi Data Perkara via Whatsapp)
7. INDAVISA (Informasi dan Pengaduan via Whatsapp)
8. ABTA (Aplikasi Buku Tamu Digital)
9. Website YAUMUNA

Adapun inovasi non aplikasi atau kebijakan pelayanan publik antara lain:

1. KELANA DESA (Kegiatan Pengadilan Melayani Warga Desa)
2. YAUMUNA (Layanan Khusus Perempuan dan Anak)
3. YASABIL (Layanan Khusus Disabilitas)
4. LASER LIMIT (Layanan Serba Lima Menit)
5. LASTRI (Layanan saat jam istirahat tetap melayani)
6. LAURA (Layanan Garis Penunjuk Arah)
7. PRIMASARI (Pelayanan prima dengan sarana prasarana memadai, bersih, dan rapi)
8. ASALAM (Area Steril Pengadilan Agama Jember
9. LAYANAN SI KEREN (Kartu Prioritas untuk Kelompok Rentan Pengadilan Agama Jember)

5

Harapannya dengan inovasi yang telah Pengadilan Agama Jember berikan dapat bermanfaat dan mendapat kepuasan bagi Para Pihak Berperkara sehingga pelayanan dapat berjalan dengan baik. Selain mempunyai 18 inovasi layanan aplikasi dan non aplikasi, Pengadilan Agama Jember juga terlibat aktif dalam memberikan informasi seputar aktivitas kantor kepada masyarakat. Transformasi informasi tersebut, disajikan melalui media website, facebook dan instagram. Melalui publikasi tersebut, masyarakat dapat secara aktif memberikan masukan untuk kemajuan pelayanan bagi PA Jember.

#PengadilanAgamaJember
#PAJemberSemakinHebat
#PAJemberModerndanInklusif
#PAJemberWBK
#PAJemberSiapWBBM
#PAJemberMenujuWBBM