Berita Pengadilan Agama Probolinggo
Ketua PA Probolinggo Hadiri Pembukaan Fit and Proper Test Calon Wakil Ketua PA dan MS Kelas 1A Tahun 2023
Tanggal Rilis Berita : 24 Januari 2023, Pukul 15:29 WIB, Telah dilihat 4 Kali
Satuan Kerja : Pengadilan Agama Probolinggo

Bertempat di Ruang Media Center, Ketua PA Probolinggo (Ibu Dr. Hj. Rizkiyah Hasanah, S.Ag., M.Hum.) bersama Sekretaris (Ibu Hillyah Sa’diah, S.H., M.H.) menghadiri Pembukaan Fit and Proper Test Tahun 2023. Dengan mengangkat tema “Melalui Seleksi Calon Pimpinan Pengadilan di Lingkungan Peradilan Agama Secara Virtual, Kita Tingkatkan Kualitas Kepemimpinan Badan Peradilan Menuju Peradilan Agama  Modern Berkelas Dunia”, cara tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Badilag) melalui Zoom Meeting pada Selasa, 24 Januari 2023. Acara tersebut diikuti oleh para penguji, seluruh Ketua Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Tinggi dari seluruh Indonesia beserta para peserta Fit and Proper Test.

Whats-App-Image-2023-01-23-at-14-09-49

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung RI dan dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an dan pembacaan do’a bersama. Acara dilanjutkan dengan Laporan Ketua Panitia Fit and Proper Test Tahun 2023 oleh Ketua Subdirektorat Mutasi Hakim, Bapak Dr. Sultan, S.Ag., S.H., M.H. Beliau menyampaikan terkait alasan mengapa kegiatan Fit and Proper Test dilaksanakan di bulan Januari 2023, antara lain karena terdapat jabatan pimpinan Pengadilan Agama / Mahkamah Syari’ah yang sudah dan akan kosong pada tahun 2023, terdapat stok peserta lulus F&P Test Calon Pimpinan Pengadilan Tahun 2022 yang belum ditempatkan, serta terdapat potensi pimpinan Pengadilan Agama / Mahkamah Syari’ah Kelas 1A yang dipromosi menjadi Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama. Selain itu, Beliau juga menyampaikan terkait teknis pelaksanaan Fit and Proper Test kali ini. 

Whats-App-Image-2023-01-23-at-14-09-51

Acara dilanjutkan dengan Pembukaan dan Sambutan dari Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, Bapak Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. Dalam acara tersebut, Beliau menjelaskan lebih rinci mengenai teknis pelaksanaan serta materi yang akan diujikan dalam Fit and Proper Test kali ini, serta beberapa penilaian tambahan. Selain itu, Beliau menyampaikan bahwa terdapat tiga aspek utama kepemimpinan yang harus dikembangkan dalam sistem peradilan, antara lain kepemimpinan personal, kemampuan komunikasi, dan manajemen perubahan. Ketua PA Probolinggo, Ibu Dr. Hj. Rizkiyah Hasanah, S.Ag., M.H., mengatakan bahwa dengan adanya Fit and Proper Test kali ini, diharapkan dapat mencetak pemimpin yang bersih dan adil bagi masa depan dunia peradilan Indonesia. Para