Inovasi Unggulan Mall PA Pacitan Jadi Bahasan Utama Saat Rapat Monev Tim IT
Inovasi Unggulan Mall PA Pacitan Jadi Bahasan Utama Saat Rapat Monev Tim IT
Tanggal Rilis Berita : 15 Agustus 2023, Pukul 12:10 WIB, Telah dilihat 2367 Kali
Satuan Kerja : Pengadilan Agama Pacitan
WhatsApp Image 2023-08-15 at 10.00.59 AM.jpeg

Pacitan, 15 Agustus 2023. Salah satu inovasi unggulan Pengadilan Agama Pacitan yaitu Mall PA Pacitan kini telah memasuki usia 1 tahun sejak dirilisnya aplikasi tersebut di Google Playstore pada 22 Juni tahun lalu. Saat ini tercatat lebih dari 1.000 pengguna telah menginstall aplikasi Mall PA Pacitan. Hal tersebut menjadi bahasan utama saat acara rapat Monitoring dan Evaluasi Tim IT Pengadilan Agama Pacitan yang diselenggarakan pada Selasa tanggal 15 Agustus 2023 bertempat di ruang rapat pimpinan pukul 10.00 WIB. Rapat monev ini diikuti oleh Ketua, Kasubbag PTIP, Pranata Komputer, serta staff IT Pengadilan Agama Pacitan. 

Kepopuleran aplikasi Mall PA Pacitan membuat para pimpinan dan tim IT memutar otak agar terus konsisten meningkatkan produktivitas aplikasi tersebut, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan peradilan menjadi lebih cepat dan mudah diakses. Inovasi-inovasi PA Pacitan yang integrasi satu wadah dalam Mall PA Pacitan telah terbukti dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, seperti daftar antrian sidang online, hitung panjar perkara, informasi pendaftaran, pengiriman produk melalui pos, asisten 24 jam, dan banyak lainnya. 

Ketua Pengadilan Agama Pacitan, Bapak Irman Fadly, S.Ag., M.H. mengatakan guna keberlangsungan inovasi, perlu dilakukan pembaruan-pembaruan fitur dan pengoptimalan aplikasi. 

"Kepada Tim IT, saya harapkan agar melakukan perbaikan-perbaikan pelayanan publik yang ada di aplikasi Mall PA Pacitan secara berkelanjutan sehingga bisa memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat", ujar beliau.

Selain itu, dilaksanakan monitoring dan evaluasi bersama terhadap aplikasi PA Pacitan, baik aplikasi internal maupun aplikasi eksternal. Pembahasan ini berfokus pada analisis pada seluruh aplikasi yang didasarkan pada beberapa aspek, seperti jumlah pengguna yang mengakses, capaian kinerja aplikasi, kendala selama ini, serta langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan aplikasi tersebut. Setiap aspek tersebut didiskusikan bersama, serta bersama-sama mencari rekomendasi atas kendala yang terjadi.

Selanjutnya, tim IT akan mengembangkan inovasi tambahan untuk pelayanan publik yaitu membuat notifikasi perkara kepada masyarakat melalui Whatsapp. Harapannya para pihak yang berperkara akan otomatis mendapatkan pesan whatsapp ke nomor yang terdaftar terkait jalannya perkara seperti adanya penundaan sidang dan lain sebagainya. Inovasi ini direncanakan akan selesai pada tahun ini dan akan resmi digunakan pada awal tahun 2024 mendatang. 

WhatsApp Image 2023-08-15 at 10.00.58 AM.jpeg