Pengelola Keuangan PA Jombang Ikuti Sosialiasi Tanda Tangan Elektronik MA RI
Pengelola Keuangan PA Jombang Ikuti Sosialiasi Tanda Tangan Elektronik MA RI
Tanggal Rilis Berita : 24 Agustus 2023, Pukul 16:09 WIB, Telah dilihat 102 Kali
Satuan Kerja : Pengadilan Agama Jombang

Jombang, 24 Agustus 2023

Kasubag Umum dan Keuangan PA Jombang, Emma Fatmala, S.Kom. mengikuti zoom meeting dalam rangka Pendampingan Pembuatan TTE. Sosialisasi diselenggarakan oleh Badan Umum Administrasi ini juga diikuti oleh Arum Sekarini, S.A., Bendahara PA Jombang. Kegiatan dilaksanakan secara virtual dan diikuti di Ruang Kesekretariatan PA Jombang pukul 09.00 WIB sampai selesai. 

Whats-App-Image-2023-08-24-at-13-15-15

Pemateri zoom dalam hal ini adalah Staf IT Badan Urusan Administrasi yang menjelaskan proses pengajuan Tanda Tangan Elektronik melalui aplikasi simari.mahkamahagung.go.id pada menu Pendaftaran Tanda Tangan Elektronik. Saat ini, menu ini hanya tersedia bagi Pengelola Keuangan yang telah didaftarkan pada aplikasi Komdanas. Kemudian materi dilanjutkan Bapak Juwan Alfauz, S.E. yang memaparkan langkah yang harus dilakukan pada aplikasi Komdanas dari input maupun perubahan pejabat pengelola keuangan sebelum proses pendaftaran TTE.

Whats-App-Image-2023-08-24-at-13-15-06

Sebanyak kurang lebih 191 peserta zoom dari pengadilan tingkat pertama dan banding dari empat badan peradilan di bawah Mahkamah Agung. Zoom ini utamanya diikuti oleh satuan kerja yang mengalami kendala dalam pendaftaran Tanda Tangan Elektronik. Berbagai pertanyaan diajukan oleh satuan kerja  baik nama yang tidak tersedia pada database Dukcapil maupun pesan Eror 404 pada saat proses pendaftaran. Peserta selanjutnya dibagi menjadi beberapa breakout room untuk memudahkan penyelesaian kendala.

Zoom Meeting ini diselenggarakan untuk mengakomodir pertanyaan dari satuan kerja terkait proses pendaftaran TTE. Hal ini mengingat per 1 September, merupakan cut-off transaksi manual dan Mahkamah Agung termasuk dalam instansi piloting Tahap III Penerapan Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi. Diharapkan dengan pendampingan ini, kendala pendaftaran di tingkat satuan kerja dapat tuntas sehingga pelaksanaan anggaran utamanya menggunakan aplikasi Sakti berjalan dengan lancar. Selain itu juga dapat memacu pengelola keuangan untuk melaksanakan tata kelola keuangan negara yang modern dan pruden dalam pelaksanaan pembayaran APBN bagi para Pengguna Anggaran (arm).