Rapat Koordinasi Layanan Posbakum Pengadilan Agama Jember
Rapat Koordinasi Layanan Posbakum Pengadilan Agama Jember
Tanggal Rilis Berita : 20 Maret 2024, Pukul 14:19 WIB, Telah dilihat 80 Kali
Satuan Kerja : Pengadilan Agama Jember

Rapat Koordinasi Layanan Posbakum Pengadilan Agama Jember

Pengadilan Agama Jember mengadakan Rapat Monitoring dan Evlauasi Kinerja bersama dengan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) pada hari Selasa (19/03/2024). Rapat pada kali ini merupakan bentuk tindak lanjut atas kerjasama yang telah terjalin antara Pengadilan Agama Jember dengan Lembaga Bantuan Hukum LKBHI IAIN Jember. Rapat ini juga berlangsung dalam rangka peningkatan pelayanan hukum terhadap masyarakat pencari keadlian di Kabupaten Jember khusunya. Rapat dimulai pukul 08.30 WIB bertempat di Ruang Kerja Ketua Pengadilan Agama Jember.

4

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Jember Drs. H. Faiq, M.H. didampingi Wakil Ketua Drs. Safi, M.H., Panitera Drs. H. Subandi, S.H., M.H., Sekretaris Tahir, S.H. Rapat dihadiri oleh Panitera Muda Gugatan Abd. Rachman, S.H., Pejabat Pembuat Komitmen Kasubbag Kepagawaian dan Ortala Ahmad Arifin Arfan, S.H.I., M.H.. Dari pihak Posbakum hadir Bapak Direktur LKBHI IAIN Jember Bapak M. Ali Syaefuddin Zuhri, S.H., M.H. beserta tim anggota posbakum. Perlu diketahui Pengadilan Agama Jember telah melaksanakan penadandatangan kontrak kerjsama degan LKBHI IAIN Jember per tanggal 27 Desember 2023. Rapat kali ini merupakan agenda monitoring dan evaluasi perdana di Tahun 2024.

Dalam pembahasan rapat tersebut terdapat beberapa isu yang diangkat yakni terkait pelayanan pegawai posbakum, kedisiplinan, sarana-prasarana dan keuangan, serta penyelarasan format permohonan/gugatan. Hal-hal tersebut merupakan kendala yang selama ini terjadi pada saat kegiatan sehari-hari posbakum di Pengadilan Agama Jember. Hasil dari pembahasan tersebut yakni akan ditingkatkannya kedisiplinan Posbakum baik terkait jadwal maupun pelayanan kepada masyarakat.

Ketua Pengadilan Agama Jember menyampaikan arahan dalam pelaksanaan pelayanan, masyarakat pencari keadilan berasumsi petugas posbakum merupakan pegawai Pengadilan Agama Jember. Ketika ada sikap perilaku yang positif dari petugas posbakum, berarti pegawai Pengadilan Agama Jember melayani dengan bagus, karena dari segi tanggapan bagus juga. Sebaliknya jika terjadi hal yang kurang positif, sebagai aparatur Pengadilan Agama Jember juga terkena dampaknya. Hal ini menjadi hal yang lumrah yang tidak bisa dipisahkan. Sikap kita dalam melayani masyarakat khusunya para pencari keadilan harus extra hati-hati karena yang datang ke pengadilan adalah orang yang bermasalah, jika kita keliru menyikapi justru menambah masalah“ Ujar Bapak Ketua.

2


 

3

Rapat monitoring dan evaluasi bersama rencananya akan diadakan secara rutin setiap beberapa bulan sekali demi terjalin kerjasama yang baik antara Pengadilan Agama Jemebr dengan Posbakum LKBHI IAIN Jember. Hal tersebut demi terciptanya pelayanan yang baik dan super prima terhadap masyarakat pencari keadilan. Bapak Ketua kemudian menutup rapat dengan himbauan agar posbakum selalu prima dalam memberikan pelayanan dan bekerja tetap mengacu pada pedoman yang telah ditetapkan. Jika terdapat hambatan dan masalah teknis harap dikoordinasikan dengan Panitera. Selain itu kita berupaya menghindari terjadinya konflik dalam melayani masyarakat pencari keadilan dan tetap selalu sigap dengan misterious shopper yang datang sewaktu-waktu.

Berita selengkapnya silahkan klik tautan link instagram story @pajember_27 atau kunjungi Website Resmi Pengadilan Agama Jember untuk melihat berita lainnya.

#beritapajember
#humaspajember
#pengadilanagamajember
#pajembermoderndaninklusif
#pajemberhebat
#humasmahkamahagungri
#badilag
#ptasurabaya