Berita Pengadilan Tinggi Agama Surabaya
KPTA SURABAYA MENGIKUTI PERESMIAN INOVASI e-SADEWA MA RI
Tanggal Rilis Berita : 08 Desember 2021, Pukul 01:26 WIB, Telah dilihat 305 Kali

Surabaya – Humas, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya mengikuti Undangan Peresmian Transformasi Aplikasi Sistem Informasi Perlengkapan Mahkamah Agung RI (SIPERMARI) menjadi Electronic State Asset Development and Enhancement Work Application (e-SADEWA) secara daring oleh Pimpinan Mahkamah Agung RI, Rabu (08/12/2021). Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan di Seluruh Indonesia berdasarkan surat undangan Sekretaris MA RI nomor 3093/SEK/HM.02.3/12/2021 tanggal 7 Desember.

2

Acara diawali oleh pembacaan laporan oleh Kepala Biro Perlengkaptan BUA MA RI – Rosfiana, S.H., M.H. menyampaikan bahwa adanya e-Sadewa ini berawal dari arahan dan kebijakan Ketua MA RI untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam menciptakan berbagai inovasi dan upaya mendukung perwujudan peradilan yang modern dan unggul. Melalui e-Sadewa ini memiliki berbagai fungsi antara lain: Monitoring, Pengelolaan, Pengadaan, Lapor. Menurutnya “Melalui Aplikasi e-Sadewa, Transformasi digital dalam pengelolaa BMN dapat mendukung proses bisnis menjadi lebih efektif, fleksibel dan transparan”.  

3

Lebih lanjut sambutan dari Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI – Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H. pada kesempatan ini beliau meminta kepada seluruh pimpinan satuan kerja di lingkungan MA dan badan peradilan yang ada dibawahnya, untuk berperan aktif dalam melakukan pengawasan dan pembinaan serta pengendalian BMN. “Terima kasih kepada seluruh jajaran kesekretariatan MA RI sebagai upaya dukungan peningkatan kinerja pengelolaan BMN terbukti dengan berbagai capaian dan prestasi kinerja yang didapatkan”, tuturnya.

4

Dengan hadirnya e-Sadewa ini, ada beberapa hal yang perlu diketahui: 1) Perubahan prinsip menjadi 4T(Tertib Fisik, Tertib Administrasi, Tertib Huku, Tingkatkan PNBP), 2) Peningkatan asset awareness oleh asset manager yaitu bahwa penggunaan dan pemanfaatan aset harus dilakukan secara optimal oleh seorang manajer aset, 3) Pelaporan data aset yang valid, mudah diakses, dan dapat diolah dengan cepat sebagai bahan dasar pengambilan kebijakan pimpinan terkait pengelolaan aset 4) Peningkatan Mitigasi Resiko yang tepat terhadap laporan permasalahan seputar aset 5) Percepatan integrasi aplikasi digital yang mendukung pertanggungjawaban pengelolaan keuangan negara.

5

Acara diakhir dengan prosesi peresmian transformasi aplikasi Sipermari menjadi aplikasi e-Sadewa dengan pemukulan palu digital oleh Ketua Mahkamah Agung RI didampingi dengan sejumlah pimpinan MA RI yang menandakan bahwa aplikasi resmi digunakan dan dilanjutkan dengan foto bersama. (one/dzom)

Belum ada komentar, jadilah yang pertama Komentar !