Berita Pengadilan Tinggi Agama Surabaya
PTA SURABAYA MENGGELAR BIMTEK PNBP DAN AKURASI DATA E-KEUANGAN BADILAG DENGAN PENGADILAN AGAMA SE JATIM
Tanggal Rilis Berita : 09 November 2022, Pukul 17:01 WIB, Telah dilihat 73 Kali

Surabaya – Humas, Pengadilan Tinggi Agama Surabaya mengadakan sosialisasi PNBP Teknis dan Sosialisasi Akurasi Data e-Keuangan Badilag dan Komdanas di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Tahun Anggaran 2022. Kegiatan ini dlaksanakan di aula PTA Surabaya dengan diikuti oleh panitera, sekretaris, bendahara dan kasir dari 14 Pengadilan Agama di Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 08 November 2022 dengan mengundang pemateri dari Kepala Seksi Pembinaan Pelaksanaan Anggaran IB Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Jatim - Abdul Rosyid dan Kasubdit Bimbingan dan Monitoring Dirjen Badilag MARI - Sutarno, S.I.P., M.M.

2

Diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya, Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H.,M.H. Beliau menjelaskan bahwa Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), adalah seluruh penerimaan Pemerintah Pusat yang tidak berasal dari penerimaan perpajakan. Salah satu kelompok PNBP adalah penerimaan yang diterima dari pelayanan yang dilaksanakan pemerintah. Termasuk pelayanan yang kita lakukan kepada masyarakat dipungut PNBP, yang telah ditentukan berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 5 Tahun 2019 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang berada di bawahnya.  Penerimaan Negara Bukan Pajak sebagai salah satu sumber penerimaan negara perlu dikelola dan dimanfaatkan untuk peningkatan pelayanan pada masyarakat. 

3

Dr. Bahruddin berpesan “Saya harap kepada seluruh aparatur pengadilan Agama di Jawa Timur untuk meningkatkan pengelolaan PNBP dari mulai Perencanaan, Pelaksanaan, sampai dengan pertanggungjawaban PNBP dengan sebaik-baiknya. Alhamdulillah di tahun ini kita sudah dapat memanfaatkan PNBP yang kita pungut untuk kegiatan dalam rangkapeningkatan pelayanan kepada masyarakat. Mudah-mudahan di tahun depandana yang bersumber dari PNBP dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan sarana dan prasarana penunjang pelayanan kepada masyarakat agar Pengadilan Agama khususnya di Jawa Timur ini, dapat memberikan pelayanan yang lebih prima kepada masyarakat”, tandasnya.

4

Selain itu, sebagai wujud apresiasi dalam rangka tercapainya keakurasian data dan ketepatan waktu pengisian laporan pada Aplikasie-Keuangan dan Komdanas pada Kinsatker, Direktorat Jenderan Badan peradilan Agama telah memberikan Piagam Penghargaan kepada Pengadilan Tinggi Agama Surabaya karena telah berhasil menyelesaikan pengisian laporan pada Kinsatker tepat waktu dan telah selesai 100% pada satuan kerja Pengadilan Agama di bawahnya. Di penghujung tahun 2022 ini, kita akan disibukkan dengan beberapa agenda kegiatan baik agenda nasional maupun Pengadilan Tinggi Agama Surabaya sendiri. “Ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Pengadilan Tinggi Agama Surabaya, saya ucapkan selamat dan terima kasih atas kerja kerasnya”, ujarnya. (cit/one)

5

 

Belum ada komentar, jadilah yang pertama Komentar !