Berita Pengadilan Tinggi Agama Surabaya
PTA SURABAYA MELAKUKAN STUDI BANDING ZONA INTEGRITAS MENUJU WBBM DI PT SEMARANG
Tanggal Rilis Berita : 22 November 2022, Pukul 08:54 WIB, Telah dilihat 61 Kali

Semarang – Humas, Pengadilan Tinggi Agama Surabaya mengadakan studi banding dengan Pengadilan Tinggi Semarang, Selasa (22/11/2022). Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan wawasan terkait Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Acara ini diikuti oleh Sekretaris dan Kabag PTA Surabaya serta Ketua PA Trenggalek dan Para Sekretaris PA di Wilayah PTA Surabaya.
 

2

Pada kegiatan studi banding yang dilakukan di PT Semarang ini, Sekretaris PTA Surabaya, H. Agus Widyo Susanto, S.H., M.H.  menyatakan bahwa tujuan melakukan kunjungan ke PT Semarang adalah silaturahmi sekaligus menimba ilmu untuk dapat memperoleh gelar WBK dan WBBM. “Semoga dengan ini dapat mempelajari bagaimana PT Semarang dapat meraih WBBM di tahun 2021. Saya ucapkan pula terima kasih kepada rekan-rekan atas kekompakan dan kebersamaan sehingga hal ini dapat berjalan dengan baik”, ujarnya. Diharapkan dengan kegiatan ini kita dapat menimba ilmu dengan baik dan mengimplementasikan ilmu yang didapat sehingga dapat meraih WBK maupun WBBM. 
 

3

Pada kesempatan ini, Sekretaris PT Semarang juga menyambut baik maksud dan tujuan kunjungan warga PTA Surabaya. Lebih lanjut Drs. Muhamad Ashar, M.H. menyampaikan tentang usaha yang dilakukan oleh PT Semarang sehingga dapat meraih predikat WBBM. Salah satunya dengan membangun aplikasi unggulan yaitu “Kembang Desa”. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang diluncurkan Pengadilan Tinggi Jawa Tengah 1 September Tahun 2020 oleh Gubernur Ganjar Pranowo dengan tujuan memudahkan pelayanan urusan hukum bagi masyarakat khususnya di Jawa Tengah. “Ada beberapa layanan hukum diberikan melalui layanan “Kembang Desa” diantaranya seperti pendaftaran perkara secara elektronik, pelayanan surat keterangan, info perkara banding dan pengadilan negeri di Jawa Tengah dan izin besuk tahanan”, ujarnya.
 

4

Selain itu tim ZI PT semarang menjelaskan ada 10 Strategi dalam mewujudkan WBK/WBBM di PT Semarang. Antara lain: Peningkatan Pelayanan, Komitmen dan Integritas, Perubahan mind set dan culture set, Inovasi, Managemen Media, Konsistensi dan Berkelanjutan, Good Gobermence, Keindahan dan Ketertiban, Managemen Survey dan Desk Evaluasi. Hal ini dilakukan semata-mata untuk meningkatkan kualitas pelayanan guna memudahkan masyarakat dalam berperkara. Beliau juga menyampaikan untuk selalu menjalin komunikasi yang baik dan intens dengan responden. Yang terakhir beliau berpesan untuk selalu membangun kekompakan , kebersamaan dan internalisasi Pembangunan ZI setiap hari bagi seluruh pegawai. (ctr/one)

Belum ada komentar, jadilah yang pertama Komentar !