Berita Pengadilan Tinggi Agama Surabaya
PENDAMPINGAN DAN TRY OUT ZONA INTEGRITAS PERADILAN DI WILAYAH JAWA TIMUR
Tanggal Rilis Berita : 21 September 2021, Pukul 08:02 WIB, Telah dilihat 488 Kali

Surabaya – Dalam rangka persiapan Desk Evaluation Pembangunan Zona Integritas menuju WBK – WBBM Pengadilan Agama se Jawa Timur, Tim Reformasi Birokrasi MA-RI, Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Mahkamah Agung RI - Joko Upoyo Pribadi, SH., MH. sebagai Ketua Tim melakukan kegiatan Pendampingan dan Try Out Pembangunan Zona Integritas yang dilaksanakan di Pengadilan Tinggi Agama Surabaya (21/09/2021). Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Dr. Jeanny H.V. Hutauruk, SE, SH, MM, Ak, CA dari Pusdiklat Menpim BLDK Bogor sebagai narasumber, Ketua, Wakil Ketua, Panitera, dan Sekretaris Tim Pembangunan Zona Integritas pada 4 Lingkungan Peradilan di Jawa Timur baik secara langsung maupun virtual. 

2

Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung RI dilanjutkan sambutan sekaligus pembukaan oleh Drs. Muhammad Yamin Awie, SH, MH selaku Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya, “Dengan pendampingan ini, diharapkan semua bisa berhasil dan mendapat predikat WBK maupun WBBM. Saat ini yang diajukan WBBM untuk Peradilan Umum sebanyak 3 Satker, sedangkan WBK sebanyak 8 Satker dan untuk Peradilan Agama WBBM sebanyak 11 Satker serta untuk WBK sebanyak 15 Satker, sedangkan dari Peradilan Tata Usaha Negara yang diajukan WBBM sebanyak 1 Satker. Jumlah seluruh Satker di wilayah Peradilan di Jawa Timur yang diajukan menuju predikat WBK dan WBBM sebanyak 38 Satker”, ujarnya sembari membuka acara pendampingan secara resmi.

3

Selanjutnya Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Mahkamah Agung RI - Joko Upoyo Pribadi, SH., MH menyampaikan bahwa dengan diadakan pendampingan secara langsung kepada Satuan Kerja maka diharapkan semakin banyak yang berhasil mendapat predikat WBK maupun WBBM. “Dalam memperoleh predikat WBK dan WBBM harus ada kesabaran karena memang tidak mudah meraihnya. Apabila ikhtiar sudah maksimal maka doa adalah satu hal yg wajib dilakukan dan serahkan semua pada Allah SWT. Kita hanya ikhlas menerima setiap keputusan yang sudah digariskan. Tetap semangat Bapak / Ibu. Intinya merubah lelah menjadi lillah dengan keikhlasan”, tandasnya saat memberikan motivasi kepada para peserta pendampingan ZI. 

4

Narasumber pendampingan kali ini  disampaikan oleh ibu Dr. Jeanny H. V. Hutauruk, SE, SH, MM, Ak, CA, bahwasannya Reformasi Birokrasi dimulai sejak tahun 2004, Grand Design RB Nasional 2010 - 2035 dasarnya adalah Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010. Tujuan RB adalah Birokrasi yang bersih dan akuntabel, Birokrasi yang kapabel, Pelayanan publik yang prima, tandasnya. Dalam revolusi mental bagaimana sikap pimpinan merubah mindset dan culture set deformatif menjadi mindset reformatif antara lain dengan cara: melakukan pendekatan, memberikan contoh dan teladan, melakukan bimbingan mental dengan melakukan ceramah agama, memberikan motivasi dan support, melakukan komonikasi dan koordinasi, Memberikan reward dan punishment”, tambahnya saat menyampaikan materi pendampingan ZI.

5

Seluruh peserta sangat antusias mengikuti jalannya pendampingan terlihat raut wajah serius tapi santai di aula PTA Surabaya maupun Commad Center masing-masing satker. Acara dilanjutkan Try Out ZI dengan simulasi presentasi pembangunan ZI untuk memperoleh predikat WBK dihadapan Tim Mahkamah Agung RI. Pengadilan Agama yang mendapat kesempatan itu antara lain: PA Kota Kediri, PA Gresik, PA Sidoarjo, PA Nganjuk, PA Probolinggo secara langsung sedangkan secara daring diwakili oleh PA Ngawi dan PA Trenggalek. Diakhir acara beliau memberikan motivasi guna membakar semangat satker yang akan berjuang dalam pembangunan ZI dan Try Out ZI akan kembali digelar besok pada tanggal 22 September 2021 untuk Satker yang berjuang memperoleh predikat WBBM. (rom/bams)

6

 

Belum ada komentar, jadilah yang pertama Komentar !