Bangun ZI & Pelayanan PRIMA: PTA Surabaya Dampingi PA Tulungagung untuk Menyambut Predikat WBK
Tanggal Rilis Berita : 02 Agustus 2024, Pukul 11:50 WIB, Telah dilihat 10 Kali
Satuan Kerja : Pengadilan Agama Tulungagung

Bangun ZI & Pelayanan PRIMA: PTA Surabaya Dampingi PA Tulungagung untuk Menyambut Predikat WBK
.
.
Pendampingan pembangunan Zona Integritas (ZI) oleh Tim PTA Surabaya di Pengadilan Agama (PA) Tulungagung merupakan langkah signifikan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan clean government. Pendampingan ini digawangi oleh Hakim Tinggi Akhmad Abdul Hadi, Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian M. Nidzom Anshori, serta Panitera Pengganti Tingkat Banding Eva Ervina. Seluruh aparatur PA Tulungagung ikut serta dalam kegiatan ini. Pada hari pertama, pendampingan dilakukan dengan memantau seluruh lini kantor dan diakhiri dengan agenda pembinaan serta presentasi oleh Ketua PA Tulungagung di ruang sidang utama.
.

WhatsApp Image 2024-08-01 at 9.30.13 PM (1).jpeg


.
Pendampingan ini dilaksanakan selama dua hari, yakni pada Kamis-Jumat, 1-2 Agustus 2024. PA Tulungagung sebelumnya telah lolos seleksi tingkat banding sebagai satuan kerja yang diusulkan untuk meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Oleh karena itu, PTA Surabaya merasa perlu memberikan pendampingan agar PA Tulungagung dapat melaju ke tahap selanjutnya, yaitu seleksi Tim Penilai Internal dan menuju Desk Evaluasi. Harapannya, pendampingan ini dapat membantu PA Tulungagung dalam menyempurnakan pelayanan dan kinerja.
.
.
Tim PTA Surabaya melakukan pemantauan menyeluruh mulai dari pos jaga satpam hingga lahan kosong di belakang gedung. Selain itu, tim juga melakukan review terhadap Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan, mulai dari peningkatan kecepatan pelayanan hingga kompensasi jika terjadi keterlambatan. Implementasi timer pelayanan dan survei layanan yang ditempatkan di dekat kursi pengunjung juga menjadi masukan untuk meningkatkan kualitas layanan.
.

WhatsApp Image 2024-08-01 at 9.30.12 PM (3).jpeg


.
Kedatangan Tim PTA Surabaya pada pukul 10.00 WIB disambut oleh resepsionis PA Tulungagung, kemudian dilanjutkan dengan pengisian buku tamu dan langsung melakukan inspeksi ke seluruh sisi kantor. Pada pukul 15.00 WIB, para pendamping bersama seluruh aparatur PA Tulungagung berkumpul di ruang sidang utama untuk mengikuti presentasi pembangunan ZI yang disampaikan oleh Ketua, Ketua ZI, dan Ketua Koordinator tiap area. Presentasi ini diharapkan memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya pembangunan ZI bagi peningkatan pelayanan publik, serta utamanya persamaan persepsi.
.
 

WhatsApp Image 2024-08-01 at 9.30.12 PM (2).jpeg


.
Dengan pendampingan ini, diharapkan PA Tulungagung dapat segera menyempurnakan pelayanannya dan meningkatkan kinerja yang PRIMA (Profesional, Ramah, Inovatif, Mandiri, dan Akuntabel). Langkah-langkah ini bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, sehingga PA Tulungagung dapat mengikuti jejak satuan kerja lainnya dalam mencapai predikat WBK. Semoga upaya ini membawa perubahan positif dan berkelanjutan bagi kualitas pelayanan publik di PA Tulungagung, dimana tujuannya tidak lain adalah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.