Kediri, 23 Agustus 2024 – Pengadilan Agama (PA) Kota Kediri kembali menyelenggarakan Diklat Di Tempat Kerja (DDTK) Service Excellent. Aksi kali ini merupakan "Part 2" dari Program Service Excellent yang dilaksanakan sebelumnya.
Kegiatan yang dilaksanakan di ruang sidang utama PA Kota Kediri ini kembali menggandeng PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Kanca Kediri. Disiarkan secara langsung (live streaming) melalui Channel YouTube PA Kota Kediri, acara kali ini dimulai pukul 14.00 WIB dan berakhir pada pukul 15.35 WIB. Bertindak sebagai Pembawa acara kali ini adalah Dilla Aprinurisa, salah satu PPNPN PA Kota Kediri.
Dr. Muh. Nasikhin, S.H.I., M.H., Ketua PA Kota Kediri dalam sesi sambutan pembukaannya selain mengucapkan terimakasih kepada pihak BSI juga memberikan semangat kepada seluruh peserta. Beliau mengungkapkan pengetahuan dan kemampuan Service Excellent bagi seluruh aparatur, khusunya petugas pelayanan publik pada PA Kota Kediri harus terus ditingkatkan. Petugas dari Satuan Pengamanan (Satpam), driver, petugas antrian, petugas resepsionis, dan petugas layanan inti di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) harus berkesinambungan dalam meningkatkan ketrampilan Service Excellent. Oleh karena itu, seluruh petugas pelayanan di PA Kota Kediri secara berkala akan dilatih untuk meningkatkan kemampuan pelayanan. Dengan seksama seluruh peserta hadir mendengarkan arahan Bapak Ketua.
Sebagai perwakilan dari rombongan Service Excellent dari Pimpinan Area Consumer Financial Manager Bank Syariah Indonesia (BSI) yaitu Bapak Muhammad Junaedi Hermansyah, S.Tp. telah selesai memaparkan. Pada perkenalan dan paparannya bapak Junaedi memperkenalkan diri dan juga memaparkan produk-produk unggulan dari BSI. Salah satu paparannya tentang produk Payroll BSI yang mana memberikan kemudahan-kemudahan kepada konsumen tentang pembiayaan produk yang murah. Beliau juga memaparkan tentang produk pelayanan haji yang mana lebih mudah dan murah pula dalam pembiayaanya. Dan pada akhir sambutannya bapak Junaedi menyampaikan kemudahan produk peminjaman dana bagi pegawai ASN dilingkungan Pengadilan.
Sebagai narasumber inti pelatihan Service Excellent ini yaitu Ibu Esti Nur Wulan sebagai Area Retail Banking Manager di BSI juga telah selesai dalam paparannya. Ibu Esti dalam paparannya melatih peserta terutama pada petugas-petugas depan bagaimana menerapkan 3V (Visual, Verbal, Voice). Inti dari penerapan 3V adalah peserta dapat memberikan layanan yang prima dan memuaskan bagi pihak pencari keadilan. Selain dibekali dengan pengetahuan juga dilatih secara langsung dengan gerak-gerik tubuh yang membuat masyarakat pencari keadilan merasa terpuaskan dari layanan yang diberikan oleh petugas. Dengan konsentrasi dan fokus para peserta antusias sekali mengikuti paparan dari ibu Esti.
Terakhir dari Adanya DDTK ini, diharapkan seluruh aparatur PA Kota Kediri terutama petugas layanan dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan melayani masyarakat pencari keadilan. Riuh senang bahagia peserta pelatihan karena telah mendapatkan tambahan ilmu yang bermanfaat. Dengan suksesnya acara pelatihan ini diharapkan para petugas pelayanan dapat lebih baik dalam melayani para pihak berperkara. Pelatihan ini juga sebagai perwujudan integritas aparatur PA Kota Kediri dalam menyongsong Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) agar dapat diraih.