Tingkatkan Efektifitas dan Efisiensi Pengelolaan Keuangan, PA Kota Kediri Ikuti Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Rumah Dinas dan Perjalanan Dinas
Hari ini, 06 September 2024, Pengadilan Agama (PA) Kota Kediri mengikuti Zoom yang diselenggarakan oleh Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI. Ketua Pengadilan Agama Kota Kediri, Dr. Muh. Nasikhin, S.H.I., M.H., bersama dengan Sekretaris Ricky Riyyanno, S.E., S.H., M.H., Kasubag Keuangan Silvi Ritmadhanti Ziyanna, S.E., S.H., dan Bendahara Pengeluaran Ade Ayu Yulia Resitaningsih, A.Md., turut serta dalam acara tersebut. Tema kegiatan yang digagas Mahkamah Agung kali ini adalah "Sosialisasi Pembayaran Sewa Rumah Dinas Hakim dan Pertanggungjawaban Perjalanan Dinas." Acara dimulai dengan pembukaan, disusul dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung.
Susunan acara berikutnya adalah sambutan dan pengarahan oleh Kepala Biro Keuangan, Edy Yuniadi, S.Sos., M.M. Setelah pengarahan, materi pertama yang dipaparkan adalah terkait teknis pertanggungjawaban perjalanan dinas disampaikan oleh DJPB Kementerian Keuangan. Materi selanjutnya membahas tentang pembayaran sewa rumah dinas oleh Biro Keuangan, termasuk pembahasan mengenai sewa rumah dinas hakim, biaya transportasi hakim, dan data suplier rekening untuk pembayaran gaji serta tunjangan kinerja. Selain itu, pembahasan juga mencakup pembayaran tagihan listrik, sertifikasi pengelola keuangan, dan penunjukan pengelola keuangan satuan kerja.
Diskusi dan tanya jawab menjadi bagian penting dari acara ini. Seluruh peserta diberikan kesempatan mengajukan pertanyaan terkait materi yang telah disampaikan. Beberapa topik yang dibahas dalam sesi ini meliputi pengelolaan keuangan yang lebih transparan dan akuntabel serta tantangan yang dihadapi dalam implementasi kebijakan yang baru. Diskusi ini bertujuan untuk memperjelas dan menyelesaikan berbagai isu yang mungkin muncul terkait pengelolaan anggaran di lingkungan pengadilan.
Penutupan acara dilakukan dengan mengucapkan terima kasih kepada semua peserta atas partisipasi dan kontribusi mereka. Harapan dari kegiatan ini adalah agar sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman dan penerapan prosedur yang telah disampaikan. Kehadiran dan keikutsertaan PA Kota Kediri kali ini menunjukkan komitmen untuk mendukung upaya peningkatan tata kelola keuangan yang efektif, efisien dan akuntabel.
Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan seluruh aspek terkait pembayaran sewa rumah dinas dan pertanggungjawaban perjalanan dinas, khususnya di PA Kota Kediri dapat dikelola dengan lebih baik dan benar. Ukuran baik dan benar yang dimaksud adalah sesuai dengan prinsip-prinsip dan ketentuan tentang pengelolaan keuangan negara. Hal ini tentunya akan berkontribusi pada transparansi dan akuntabilitas pengelolaan anggaran di lingkungan Mahkamah Agung RI, khususnya di PA Kota Kediri.