Berita Pengadilan Agama Sidoarjo
PEMBUKAAN PRAKTIKUM IAIN KEDIRI FAKULTAS SYARIAH PRODI HUKUM KELUARGA ISLAM
Tanggal Rilis Berita : 01 November 2022, Pukul 15:34 WIB, Telah dilihat 4701 Kali
Satuan Kerja : Pengadilan Agama Sidoarjo

PEMBUKAAN PRAKTIKUM IAIN KEDIRI FAKULTAS SYARIAH PRODI HUKUM KELUARGA ISLAM

 

Senin, 31 Oktober 2022, Pengadilan Agama Sidoarjo merima dosen dan mahasiswa IAIN KEDIRI Fakultas Syariah Prodi Hukum Keluarga Islam dalam rangka pembukaan praktikum Peradilan Agama di Pengadilan Agama Sidoarjo. Acara ini dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Wakil ketua PA Sidoarjo, Drs. Mustafa, M.H., dari IAIN Kediri dihadiri oleh Dosen Pembimbing Lapangan Dr. H. Abdulloh Munir,Lc, M.Ag. dan Heru Santoso SHI serta mahasiswa praktikum yang berjumlah 9 orang

Acara dimulai dengan pembukaan yang dimulai pada pukul 08.00 WIB, dilanjut dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama oleh Dosen Pembimbing Lapangan Dr. H. Abdulloh Munir,Lc, M.Ag., Dalam sambutannya, beliau mengucapkan banyak terima kasih atas penerimaan mahsiswa IAIN Kediri di PA Sidoarjo ini. Sebelumnya mahasiswa sudah mendapatkan pembekalan/orientasi dari pihak kampus mengenai apa yang harus dilakukan selama praktikum. Selanjutnya, beliau mengatakan bahwa secara teori sudah belajar di kelas namun perlu adanya praktek. Dan prakteknya melalui praktikum di Pengadilan Agama Sidoarjo ini. Beliau berpesan bahwa seluruh mahasiswa harus disiplin dan melaksanakan tugas sebaik-baiknyayang kedua pesan kepada mahasiswa untuk mencari ilmu dengan sebaik-baiknya. Yang ketiga permohonan kerjasama dan bimbingan kepada seluruh pegawai yang ada di Pengadilan.

Selesai sambutan dari Dosen Lapangan, dilanjutkan sambutan dari Wakil ketua PA Sidoarjo, Drs. Mustafa, M.H., Beliau menjelaskan tetang tugas dan wewenang pengadilan agama sesuai dengan undang-undang, selain itu harus memberikan perhatian yang baik kepada para calon penerus yaitu para mahasiswa. Oleh karena itu Masiswa harus belajar dengan sebaik-baiknya melalui praktikum langsung di PA Sidoarjo. Mahsisswa akan mendapatkan penempatan tugas di meja 1 2 3, di area pelayanan, kesekretariatan dan kepaniteraan, persidangan serta terakhir akan mengikuti sidang semu. Bapak Wakil ketua menjelaskan bawah setiap tahunnya selalu ada mahasiswa yang melakukan praktikum di Pengadilan Agama Sidoarjo, beliau sangat mengapresiasi hal tersebut. Beliau berpesan untuk benar-benar belajar praktek beracara di Pengadilan Agama Sidoarjo serta melakukan pendalaman dengan teori yang sudah dipelajari selama perkuliahan Setelah acara pembukaan selesai pada pukul 09.00 WIB dilanjutkan dengan foto bersama.