Berita Pengadilan Agama Jombang
Meningkatkan Profesionalisme, PTA Surabaya  Selenggarakan Pembinaan Dan Rapat Koordinasi
Tanggal Rilis Berita : 20 Mei 2022, Pukul 16:23 WIB, Telah dilihat 410 Kali
Satuan Kerja : Pengadilan Agama Jombang

Surabaya | pa-jombang.go.id. 

19 s.d 20 Mei 2022, acara yang mengambil judul kegiatan Pembinaan dan rapat koordinasi percepatan penyelesaian perkara di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya bertempat di Shangri-La Hotel Surabaya berlangsung lancar. Dibuka oleh Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI Bapak Prof.Dr.Drs.H.Amran Suadi,S.H,M.Hum,M.M dan didampingi oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya bapak Dr.H.Bahruddin Muhamad,S.H,M.H serta Gubernur Jawa Timur yang diwakili oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan Provinsi Jawa Timur.

                                                         Whats-App-Image-2022-05-22-at-08-42-25

Sesuai dengan rundown acara pembukaan dibuka tepat waktu pukul 16.00 wib bertempat di Hall C dimana peserta rapat koordinasi terdiri dari Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Tingkat Pertama Se Jawa Timur atau 37 satuan kerja. Pengadilan Agama Jombang dihadiri oleh Ketua Ibu Siti Hanifah,S.Ag,M.H, Panitera Bapak Drs. H.Dulloh,SH,MH dan Sekretaris Bapak Rohmad Bahrudin,S.Kom,M.HP.

Dalam rangkaian acara yang sama, PTA Surabaya dilakukan oleh Ketua melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan universitas Muhammadyah Surabaya yang diwakili oleh Prof.Dr.A Hadi,M.Ag disaksikan oleh Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI. Dalam sambutannya Ketua Kamar Agama MA RI menyampaikan bahwa penandatanganan kesepahaman yang baru dilakukan tersebut sangat baik dan bermanfaat bagi kedua belah pihak. Kerjasama dan sinergita dengan Lembaga akademik sangat diperlukan untuk menunjang profesionalisme dalam melayani masyarakat. Diharapkan meningkatkan profesionalisme aparatur Peradilan dan dikemudian hari diharapkan muncul professor professor selanjutnya dalam bidang Hukum dan Peradilan terang beliau.

                                                           Whats-App-Image-2022-05-22-at-10-09-22

                                            Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI

Selanjutnya untuk meningkatkan motivasi pada aparatur Peradilan Agama se Jawa Timur, Pengadilan Tinggi Agama menyelenggarakan acara yang bertajuk Malam Apresiasi dan Penghargaan capaian kinerja Triwulan Pertama 2022. Pengadilan Agama Jombang berhasil menjadi terbaik III dalam pengelolaan website satuan kerja. Piagam penghargaan diserahkan pada Sekretaris PA Jombang oleh Sekretaris PTA Surabaya, diharapkan hal ini menjadi pendorong kinerja pemanfaatan website sebagai media keterbukaan informasi publik lebih baik lagi.

                                                            Whats-App-Image-2022-05-22-at-08-18-14

                                                   Penyerahan Piagam Penghargaan

Selain kategori pemanfaatan website juga diberikan pada kategori : Kinerja penyelesaian perkara, Kinerja SIPP, Kinerja E Court tingkat peryama, Kinerja E Court tingkat banding, Gugatan Mandiri, Kinerja upaya hukum banding, kinerja pelaporan perkara dan keberhasilan mediasi serta kinerja pelaksanaan anggaran.

                                                           Whats-App-Image-2022-05-19-at-22-28-05

                                       Apresiasi Penghargaan Atas Pengelolaan Website

Keesokan hari Jumat 20 Mei 2022, dimulai tepat pukul 08.00 dilakukan pembahasan daftar inventarisir masalah (DIM), dimana peserta dipisah sesuai dengan komisi.

1.Komisi A / kelas Ketua

Bapak Nurul Huda (Ketua PA Jember) selaku ketua Komisi A, Bapak Bambang Subroto (Panitera Pengganti PTA Surabaya) selaku sekretaris komisi dan anggota komisi : Ibu Nurul Maulida (Ketua PA Mojokerto), Bapak Sugiri (Ketua PA Gresik), Bapak M Fanani (Ketua PA Kab Madiun) dan Bapak Sugiri (Ketua PA Gresik).

2.Komisi B : Kelas Panitera : 

Bapak A. Syakur (Panitera PA Surabaya) selaku Ketua Komisi B, Ibu Diah Anggraini (Panitera Pengganti PTA Surabaya) selaku Sekretaris Komisi dan Anggota Komisi Bapak Solihin (Panitera PA Bojonegoro), Bapak Chafidz (Panitera PA Malang) dan Bapak Ishadi (Panitera PA Mojokerto)

3.Komisi C :/ Kelas Sekretaris :

Bapak Musa (Sekretaris PA Kabupaten Malang) selaku Ketua Komisi C, Bapak Benny (Kasubag Renprog PTA Surabaya) selaku Sekretaris Komisi dan Anggota komisi : Ibu Yetty (Sekretaris PA Bojonegoro), Bapak Tahir (Sekretaris PA Jember) dan Bapak Rohmad (Sekretaris PA Jombang).

                                                                 Whats-App-Image-2022-05-22-at-10-03-25

                                                     Pembahasan DIM Pada Kelas Sekretaris

                                                                 Whats-App-Image-2022-05-22-at-08-39-53 

                                                          Komisi C Bidang Kesekretariatan

Hasil pembahasan daftar inventaris masalah pada setiap kelas dianalisa, dibahas dan disepakati oleh seluruh peserta pada komisi masing-masing. Kemudian disahkan dan ditandatangani untuk di presentasikan oleh masing-masing Ketua Komisi didepan seluruh peserta rapat koordinasi pada rapat pleno.(r.b)