Berita Pengadilan Agama Kabupaten Malang
PA Kab. Malang Ikuti Bimtek Program Prioritas Ditjen Badilag oleh Ketua Mahkamah Agung RI
Tanggal Rilis Berita : 24 Januari 2023, Pukul 13:24 WIB, Telah dilihat 15503 Kali
Satuan Kerja : Pengadilan Agama Kabupaten Malang

Jum’at, 20 Januari 2023, Pengadilan Agama Kabupaten Malang mengikuti Kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Tenaga Teknis di Lingkungan Peradilan Agama Secara Daring Tahun 2023. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia dimulai pukul 09.00 WIB secara daring dan disiarkan secara langsung/live streaming melalui Badilag TV. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua PA Kab. Malang – Dr. Hj. Nurul Maulidah, S.Ag., M.H. dan seluruh Hakim PA Kab. Malang serta diikuti secara virtual oleh seluruh Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah di Indonesia.

Whats-App-Image-2023-01-24-at-11-12-01-AM

PA Kab. Malang mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis

Pada pembukaan kegiatan Bimbingan Teknis Secara Daring tersebut juga dilaksanakan Pembinaan oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia - Bapak Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. Kegiatan tersebut dibuka oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama - Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. dengan mengusung tema ‘Program Prioritas Mahkamah Agung Republik Indonesia Tahun 2023 untuk Lingkungan Peradilan Agama’. Pada tahun 2023, Direktorat Jenderal Badilag memiliki 4 program prioritas yakni penguatan integritas, penguatan sumber daya manusia, pengiatan kelembagaan dan pengiatan pemanfaatan IT.

Whats-App-Image-2023-01-24-at-11-56-58-AM

Pembinaan oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia - Bapak Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H

Kegiatan dilanjutkan dengan dialog interaktif antara Ketua Mahkamah Agung RI dan peserta Bimbingan Teknis yang berlangsung dengan lancar. Pada tahun 2023 ini, Ditjen Badilag berfokus untuk mengoptimalisasi pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM serta menguatkan pengawasan baik yang bersifat preventif maupun represis. Program prioritas Ditjen Badilag 2023 juga berfokus intuk meningkatkan SDM tenaga teknis, optimalisasi pembinaan, monitoring, dan evaluasi secara berkala serta penguatan pelaksanaan hukum acara. Selain itu untuk menguatkan kelembagaan, maka Ditjen Badilag akan mengoptimalisasi mediasi, inovasi dan prestasi, pelaksanaan putusan pengadilan dan jaminan perlindungan hak-hak perempuan dan anak.

Whats-App-Image-2023-01-24-at-11-53-59-AM

PA Kab. Malang menyimak pembinaan dari Ketua Mahkamah Agung RI

Pada era teknologi saat ini, pemanfaatan IT sangatlah berguna untuk mengefisiensikan waktu, tenaga dan materi. Maka Ditjen Badilag juga mempunyai program untuk optimalisasi e-court, gugatan sederhana dan gugatan mandiri serta implementasi, pengembangan dan replikasi 26 inovasi/aplikasi. Program Prioritas  Direktorat  Jenderal Badan  Peradilan  Agama Tahun 2023 ini akan menjadi acuan dalam pelaksanaan tugas Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama serta seluruh satuan kerja Pengadilan Tingkat Banding,dan Pengadilan Tingkat Pertama di lingkungan Peradilan Agama.