Berita Pengadilan Agama Kabupaten Malang
PA Kabupaten Malang Ikuti Sosialisasi Petunjuk Teknis Penyusunan RKA-K/L TA 2023
Tanggal Rilis Berita : 14 Juni 2022, Pukul 15:48 WIB, Telah dilihat 159 Kali
Satuan Kerja : Pengadilan Agama Kabupaten Malang

Selasa (14/06/2022), PA Kabupaten Malang mengikuti sosialisasi petunjuk teknis penyusunan RKA-K/L Tahun Ajaran 2023 secara virtual melalui zoom meeting berdasar pada surat undangan Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI No. 135/Bua.1/OT.01.1/6/2022 yang  bertempat di Ruang Media Center. Acara ini diikuti oleh Maulana Musa Sugi Alam, S.H. ? Sekretaris PA Kabupaten Malang, Buyung Tumanggor, S.Kom ? Kepala Sub. Bagian Umum dan Keuangan PA Kabupaten Malang, Zainul Fanani, S.H., M.H,  - Plt. Kasubbag PTIP, Dhimas Adityarahman Pamungkas, S.Ak. ? CPNS Analis Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan, Sindy Siska Silvana, S. H. ? CPNS Analis Perkara Peradilan, Ahmad Sa?ied Yudho ? PPNPN. 

Rka 2

PA Kab Malang mengikuti acara dengan seksama

Sosialisasi dimulai pukul 08.00 WIB, dibuka oleh moderator dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Hymne Mahkamah Agung. Acara dilanjutkan dengan Doa agar sosialisasi dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala.

Acara kemudian dilanjutkan sambutan dari Kepala Bimbingan dan Monitoring Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI yang juga merupakan Ketua Panitia sosialisasi ini. Dalam sambutannya mengharapkan acara sosialisasi berjalan dengan lancar dan seluruh peserta yang terdiri sekitar 910 satker dan sekretaris tingkat pertama maupun banding dapat mengikuti sosialisasi dari awal sampai akhir.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pengarahan  dari Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. ? Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama yang sekaligus merupakan PKH Sekretaris Mahkamah Agung. Dalam sambutannya beliau menyampaikan rasa syukur karena pandemi Covid-19 di Indonesia berangsur membaik dan menghimbau agar tetap selalu menjaga protokol kesehatan. Beliau juga menyampaikan bahwa perlu adanya respon yang cepat atas perubahan-perubahan kebijakan pemerintah, untuk itu anggaran belanja modal dan barang yang sudah diberikan pemerintah agar segera dapat direlasasikan. 

?Untuk dapat menyusun RKA-KL 2023 dengan baik kita harus mampu menguasai UU No. 17 tahun 2023 tentang Keuangan Negara sebagai dasar penyusunan  dan UU No. 25 tahun 2024 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan?, tutur beliau.

Rka 1

PA Kab malang mengikuti sesi tanya jawab 

Acara  sosialisasi dilanjutkan dengan pengarahan dan pemaparan dari kepala biro perencanaan dan organisasi Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI yang menyampaikan agar penyerapan anggaran segera dilakukan kecuali ada outomatic adjustment. Beliau menyampaikan bahwa Mahkamah Agung mengajukan sekitar 17,6 T untuk tahun anggaran 2023 dan mendapat persetujuan dari Kementrian Keuangan sekitar 11 T untuk satuan kerja di seluruh Indonesia.

 

Pemaparan selanjutnya yaitu dari Auditor BAWAS terkait dengan dengan beberapa telaah atau kajian petunjuk teknis penyusunan RKA-K/L tahun anggaran 2023.Sosialisasi dilanjutkan kemudian pukul 13.00 WIB setelah adanya ishoma dengan pemberian materi terkait dengan Kebijakan Anggaran Pemerintah tahun 2023 serta terkait TOR dan RAB yang disampaikan oleh  Narasumber dari Kementrian Keuangan. 

Acara sosialisasi ditutup dengan tanya jawab antar peserta dan pemateri. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan agar peserta dari semua satker di seluruh Indonesia dapat memahami serta menyusun RKA/L tahun anggaran 2023 dengan baik.