Bertepatan pada hari kamis tanggal 07 September 2023 bertempat di ruang Kesekretariatan Pengadilan Agama Nganjuk, sebanyak 2 orang Mahasiswa IAIN Kediri berkumpul. Pertemuan ini dalam rangka kegiatan praktek kerja lapangan yang dilaksanakan selama tiga minggu. Kegiatan tersebut sesuai dengan surat Ketua Rektor IAIN Kediri Nomor :B-333/In.36/D3/KS.02/8/2023 Tanggal 28 Agustus 2023.
Dari jumlah Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini sejumlah 10 orang terdiri dari 7 orang wanita dan 3 orang pria. Dari 10 orang, pembagian hari ini kebetulan 2 orang sedang melakukan tanya jawab dengan Kasubbag Kepegawaian Dan Ortala. Percakapan tersebut membahas tentang administrasi dan struktural kesekertariatan. Kepala pak Irwan Abd Rahman, S.H.,M.H. menyampaikan “bahwa beliau yang bertanggung jawab atas administrasi dan naskah dinas seperti keluar masuknya surat, perizinan cuti, surat tugas, juga bertanggung jawab terhadap laporan kepegawaian seperti absensi dan kepangkatan.
Salah satu Mahasiswa PKL sempat menanyakan “apa saja petunjuk teknis pembuatan surat di PA Nganjuk?. Dengan cekatan Pak Irwan menjawabnya “Beberapa Petunjuk Teknis Tata Naskah Dinas di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada di bawahnya, kebijakan ini mulai diberlakukan sejak diundangkan yaitu pada 11 Juli 2023. Beliau menjelaskan petunjuk teknis meliputi jenis tata naskah antara lain: 1. Naskah dinas arahan, 2. Naskah dinas korespondensi, 3. Naskah dinas khusus. Satu lagi pertanyaan dari mahasiswa PKL yaitu “Apa saja yang di cantumkan pada nomor surat beserta penempatannya? Pak Irwan menjawabnya “ urutan nomor surat itu dimulai dari nomor provinsi, nomor PA, nomor ururutan surat, kode klasifikasi surat, bulan dan terakhir tahun surat. Para Mahasiswa menyimak dengan seksama serta mencatat seluruh penjelasan dari Kasubbag dan Kepegawaian PA. Nganjuk.
Lebih lanjut tanya jawab diakhiri dengan pembacaan kesimpulan dari salah satu Mahasiswa PKL yang akan dikoreksi langsung oleh Pak Irwan Abd Rahman S.H., M.H. selaku Kasubbag Kepegawaian Dan Ortala. Tak terasa acara tanya jawab dan sharing bidang di Kesekretariatan tersebut telah berlangsung selama dua jam, dari pukul 10:00 WIB. berakhir pukul 12:00 WIB. Pada akhirnya acara ini diakhiri dengan ucapan terima kasih dan kemudian berjalan bersama menuju masjid yang memang telah masuk waktu Duhur. (NWA)