Bertepatan pada hari Selasa tanggal 14 Mei 2024 bertempat di Ruang Media Center, PA. Nganjuk menghadiri undangan dari Kepala Biro Perlengkapan MA-RI untuk mengikuti webinar. Kegiatan tersebut terselenggara sesuai Surat Nomor : 24/BUA.4/UND.PL1.2/V/2024 pada tanggal 08 Mei 2024. Adapun perihal dari surat tersebut adalah Sosialisasi Penertiban BMN dalam Rangka Implementasi SIMAN v2 secara Daring (Zoom Meeting). Dalam kegiatan ini Kuasa Pengguna Anggaran PA. Nganjuk selain beliau sendiri, juga menugaskan Fuad S.HI., M.H. dan Anendya Dewi Ratih S.Kom. untuk mengikuti Webinar tersebut.
Acara tersebut disambut dengan antusias oleh para undangan peserta daring, terbukti banyak yang menghadiri kegiatan tersebut walaupun hanya melalui zoom meeting. Acara ini mengusung topik "Sosialisasi Penertiban BMN dalam Rangka Implementasi SIMAN v2". Sebagai narasumber Ulfah Apriani, S.E., M.AK. selaku Kepala Sub Bagian Bimbingan dan Monitoring BUA MA RI. Beliau menjelaskan bahwa salah satu dasar hukum Penertiban Barang Milik Negara diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 118 Tahun 2023 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Negara Dengan Menggunakan Sistem Informasi Manajemen Aset Negara singkat namun penuh arti yang mendalam, beliau fokus mengupas tentang seluk beluk Implementasi SIMAN v2.
Tim Biro Perlengkapan MA-RI juga menyampaikan pentingnya Tahap migrasi data SIMAN dan SAKTI ke SIMAN v2, perlu dipastikan kelengkapan seluruh data/informasi baik BMN maupun Pengelolaan BMN yang terdapat pada setiap BMN yang ada. Narasumber kali ini menjelaskan dengan sangat detail dan para hadirin juga terlihat menyimak setiap penjelasan narasumber dengan seksama dan Lebih lanjut dalam paparan menyampaikan bahwa Implementasi SIMAN tersebut berdasarkan Surat Menteri Keuangan Nomor : S-220/MK.6/2015 tentang Launching SIMAN Fitur Master Aset, Perekaman SK, Pemuktahiran Data dan RKBMN. Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk menginformasikan petunjuk teknis dan persiapan yang diperlukan dalam migrasi data BMN ke sistem SIMAN v2. Hal ini penting karena dapat memengaruhi keakuratan dan akuntabel.
Webinar diikuti oleh Peradilan di seluruh Indonesia khususnya para anggota tim pengelola keuangan satker. Akhirnya sesi tanya jawab adalah acara penutup, sekitar dua jam acara tersebut selesai yang dimulai dari pukul 13:30 WIB. yang berakhir pada pukul 14:30 WIB. Acara ditutup oleh pembawa acara, dan tidak lupa dilakukan sesi foto bersama dengan seluruh satker melalui screen zoom. Agenda kegiatan ini diharapkan akan dapat berlangsung secara kontinyu sehingga seluruh Satker di seluruh Indonesia dapat satu persepsi dan Penggunaan SIMAN v2 yang terintegrasi, tertib, efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Aamiin. (oNe)