Berita Pengadilan Tinggi Agama Surabaya
HAKIM TINGGI PTA SURABAYA MENJADI PENGUJI DI SKB TAMBAHAN CPNS TAHUN 2021
Tanggal Rilis Berita : 24 November 2021, Pukul 09:16 WIB, Telah dilihat 152 Kali

Surabaya – Humas, Sehubungan akan dilaksanakan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) tambahan Calon Pegawai Negeri Sipil Mahkamah Agung RI Tahun Anggaran 2021 untuk Jabatan Analis Perkara Peradilan (APP), 2 (dua) Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Surabaya menghadiri undangan pembekalan sebagai penguji dalam SKB Tambahan (wawancara kompetensi dan Wawancara Bahasa Inggris), Selasa (23/11/2021). 

1

Dalam kesempatan yang dilakukan secara virtual ini, dua Hakim Tinggi PTA Surabaya yang menjadi penguji adalah Drs. Moh. Yasya, S.H., M.H. dan Dr. Hj. Hasnawaty Abdullah, S.H., M.H.. Penetapan penguji dalam SKB Tambahan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor: 1196/SEK/SK/XI/2021 tentang Penetapan Tim Penguji SKB CPNS di Lingkungan Mahkamah Agung RI Tahun Anggaran 2021

2


Pembekalan tersebut dibuka oleh Sekretaris Mahkamah Agung RI – Dr. Hasbi Hasan, MH, beliau selaku ketua panitia Seleksi CPNS Tahun 2021 menuturkan bahwa pengadaan CPNS khususnya jabatan analis perkara peradilan yang akan diproyeksikan menjadi calon hakim sesuai Peraturan MA Nomor 1 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan MA Nomor 2 Tahun 2017 tentang Pengadaan Hakim dimana dalam pasal 2 pengadaan calon hakim berasal dari Analis Perkara Peradilan yang telah diangkat sebagai PNS dari penetapan Kebutuhan CPNS tahun 2021 dan memenuhi kualifikasi sebagai Calon Hakim di Lingkungan MA RI. “Oleh karena itu metode seleksi CPNS untuk sebagai calon Hakim akan sedikit berbeda dengan lainnya. Selain menggunakan CAT yang dilaksanakan oleh BKN, MA menambahkan metode lainnya berupa wawancara kompetensi hukum dan wawancara berbahasa inggris. Dengan cara itu Mahkamah Agung RI diharapkan akan mempunyai calon Hakim yang berkualitas”, tuturnya.

3

Kemudian dilanjutkan laporan dari Kepala Biro Kepegawaian MA RI – Supatmi, S.H.,M.M menerangkan bahwa dalam pelaksanaan SKB ini dilaksanakan pada 27 November 2021 sampai dengan 8 Desember 2021. Para penguji akan dibuatkan surat tugas serta semua akomodasi akan ditanggung oleh DIPA Mahkamah Agung RI. Proses seleksi SKB dilakukan sehari dilanjutkan dengan wawancara kompetensi hukum dan wawancara berbahasa inggris dengan masing-masing penguji mendapatkan jatah 28 peserta untuk diuji. Para peserta zoom mengikuti acara tersebut dengan serius untuk mendapatkan informasi dan diharapkan dalam seleksi kali ini dapat mencetak calon hakim yang baik dan berkualitas. (one/dzom)

Belum ada komentar, jadilah yang pertama Komentar !