Berita Pengadilan Tinggi Agama Surabaya
BIMTEK ADMINISTRASI PERADILAN BERSTANDART INTERNASIONAL
Tanggal Rilis Berita : 08 Desember 2021, Pukul 16:36 WIB, Telah dilihat 232 Kali

Surabaya – Humas, Pengadilan Tinggi Agama Surabaya mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Administrasi Peradilan berstandart internasional yang diadakan oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MA RI yang dilakukan secara virtual, Rabu (08/12/2021). Kegiatan yang dilangsungkan di Aula PTA Surabaya ini dihadiri oleh seluruh Hakim Tinggi, Dra. Hj Suffana Qomah selaku Plh. Panitera, Agus Widyo Susanto, S.H., M.H. selaku Sekretaris, Maulana Musa Sugi Alam, S.H selaku Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian Pengadilan Tinggi Agama Surabaya. 

2

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari terhitung mulai tanggal 8 Desember sampai dengan 10 Desember 2021 sesuai surat Dirjen Badilag Nomor: 4059/DjA/HM.00/11/2021 tanggal 30 November 2021. Acara pertama sambutan dari Kasubdit Bimbingan dan Monitoring Ditjen Badilag MA RI - Sutarno, S.Ip., M.M yang dalam sambutannya Badilag ingin mewujudkan badan peradilan agama yang berkelas dunia dan diimplementasikan dengan akreditasi penjaminan mutu berstandar internasional yang sudah dimulai sejak 2019. Tetapi dalam implementasinya sedikit terkendala karena masih banyak satuan kerja yang merasa terbebani proses pelaksanaannya. Hal ini terjadi karena belum pernah mendapatkan sosialisasi tentang manajemen mutu yang pengukurannya dilakukan dengan program akreditasi.

3

Lebih Lanjut sambutan dari Direktur Pembinaan Administrasi, Dr. Dra. Nur Djannah Syaf, S.H., M.H.  mewakili Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, menyampaikan sambutannya sekaligus membuka kegiatan Bimtek, juga menambahkan sosialisasi ini dilakukan untuk penguatan dan menyamakan persepsi seluruh aparatur peradilan agama mengenai implementasi program akreditasi untuk mengukur kualitas manajemen peradilan agama. ”Jika kita kehilangan harta, kita tidak kehilangan apapun. Jika kita kehilangan Kesehatan, kita kehilangan sesuatu. Tapi jika integritas yang hilang kita akan kehilangan segalanya”, tambahnya saat membuka acara secara resmi.

4

Beliau berharap dengan adanya pemahaman yang seragam tentang implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) dan tercapainya tujuan mewujudkan pengadilan yang berkualitas dan berstandart Internasional agar seluruh peserta memiliki persepsi yang sama dalam melakukan administrasi yang berkualitas. Diharapkan juga pengadilan agama yang sudah mendapatkan akreditasi A excellent dapat terus mempertahankannya.

5

Bimtek hari ini diakhir dengan pemaparan dari Ainun Najib tentang Harmonisasi system Penjaminan Mutu Akreditasi Penjaminan Mutu (APM). Menurutnya konsep kunci dari Prinsip Sistem Manajemen antara lain: Kepemimpinan, Fokus Pelanggan, Pelibatan Orang, Pendekatan Proses, Peningkatan, Pengambilan Keputusan berdasarkan bukti, dan Manajemen Relasi. (ver/one)

Belum ada komentar, jadilah yang pertama Komentar !