PTA Surabaya
BERITA

Bimtek Penyusunan RKA-KL DIPA 01 TA 2022 Pengadilan Tinggi Agama Surabaya

Surabaya, 03 Juni 2021 – Pengadilan Tinggi Agama Surabaya mengikuti Bimbingan Teknis Penyusunan RKA-K/L DIPA 01 TA 2022 yang diselenggarakan oleh Biro Perencanaan dan Organisasi Mahkamah Agung RI secara virtual meeting. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris, Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian, beserta jajarannya pada Pengadilan Tingkat Banding dan Pertama di Empat Lingkungan Peradilan Mahkamah Agung.

Screenshot-1


Acara dibuka dengan pengarahan dari Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi MARI, Joko Upoyo Pribadi, SH, MH, beliau mengatakan bahwa bulan Juni diharapkan sudah melakukan kegiatan yang tertunda baik belanja barang maupun belanja modal. Mahkamah Agung TA 2022 menerima Pagu Indikatif sebesar 11,5 triliun rupiah sehingga perlu menjadi perhatian oleh satuan kerja semua dalam menyusun pagu indikatif. Yang perlu diperhatikan antara lain : Alokasi pagu anggaran masing-masing peradilan, Fitur kewenangan wilayah pada Aplikasi SAKTI, SBM sebagai batas tertinggi/ estimasi, perlunya mengisi Mengisi estimasi PNBP, Petunjuk teknis dan Aturan peraturan dan kaidah yang berlaku terkait Penyusunan RKA-K/L DIPA 01 TA 2022. Lebih lanjut, beliau juga memaparkan beberapa kebijakan Mahkmah Agung RI antara lain : Jumlah belanja pegawai memperhatikan tunjangan 13 dan 14, Hakim Ad Hoc, Kemahalan tergantung zona wilayah, Belanja operasional untuk Covid, Fasilitas peradilan untuk menunjang penyandang disabilitas, tambahnya.

Screenshot-2


Selama kegiatan penyusunan RKA-K/L DIPA 01 TA 2022, peserta mendapatkan penjelasan dan pemaparan dari Kasubdit Pengawasan Bidang Penegakan Hukum BPKP - Dr. Didik Wahyudi tentang evaluasi perencanaan dan penganggaran MA, Kepala Sub Direktorat Penerapan dan Penegakan Hukum dan HAM Bapennas - Irfan Tanjung tentang Kebijakan Prioritas Nasional, Kepala Sub Direktorat Anggaran Bidang Hukum DJA - Yuni Gunarti tentang Kebijakan Pengganggaran TA 2022, Badan Pengawasan MARI - Muhammad Anis tentang Reviu RKA-K/L TA, kemudian dilanjutkan dengan Pemaparan Juknis Penyusunan RKA-K/L TA 2022 dari Syaiful Arif Biro Perencanaan dan Organisasi.

Dalam kegiatan tersebut juga terdapat tambahan pemaparan dari Emie Yuliati, SE., ME, Kasubag Bimbingan dan Monitoring Biro Perencanaan dan Organisasi tentang kisi-kisi Penyusunan RKA-K/L TA 2022, salah satunya memaparkan “belanja uang lembur dapat dialokasikan dengan ketentuan volume maksimal 6 hari dalam 1 tahun, maksimal 30 pegawai per hari dan maksimal 3 jam per hari selanjutnya akan dilakukan asessmen terhadap ketersediaan belanja pegawai. Selain itu pada Belanja operasional tidak boleh menambah tenaga honorer (tenaga honorer selama-lamanya 5 tahun), Langganan daya dan jas tidak boleh digeser untuk kebutuhan lain, dan juga langganan daya dan jasa tidak dapat direvisi pada kebutuhan lainnya, Imbuhnya.

Screenshot-3

Pada akhir acara dibuka diskusi dan tanya jawab kepada para peserta. Tampak antusiasme peserta dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan sehingga acara menjadi semakin menarik. Penyusunan RKA-KL ini berakhir sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Dan dari hasil penyusunan RKA-KL pagu indikatif tahun 2022 ini diharapkan dapat dipertanggung jawabkan dan tepat sasaran serta persamaan persepsi dalam pengelolaan anggaran dapat tercapai. (iwn)

Tahukah Kamu Fakta Tentang PTA Surabaya ?

PTA Surabaya mempunyai 37 Pengadilan Tingkat Pertama

Berita Terkini

Inspeksi Mendadak PTA Surabaya Secara Virtual By : H. Muhammad Nidzom Anshori, S.H., M.H. Tanggal : 05 November 2020

Senin, 17 Mei 2021 Merupakan Hari Pertama masuk Kerja Untuk Seluruh ASN Setelah Libur Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) Secara Virtual Ke Beberapa Pengadilan Agama Wilayah Jawa...

Monitoring Penyerapan Pagu Belanja Modal TA. 2021 oleh Mahkamah Agung RI By : H. Muhammad Nidzom Anshori, S.H., M.H. Tanggal : 05 November 2020

Selasa, 8 Juni 2021, Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Mengikuti Rapat Koordinasi Terkait Pelaksanaan Anggaran Belanja Modal Yang Diadakan Oleh Mahkamah Agung RI Di Command Center PTA Surabaya. Acara Ini Diikuti Oleh Ketua Dan Sekretaris Pada...

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambah Komentar

* Email tidak akan dipublikasikan
* Jika tidak diisi akan menggunakan foto default