Berita Pengadilan Tinggi Agama Surabaya
OMBUSMAN SOSIALISASIKAN PELAYANAN PUBLIK MENUJU WBK DAN WBBM
Tanggal Rilis Berita : 08 September 2022, Pukul 07:45 WIB, Telah dilihat 89 Kali

Surabaya-Humas, bertempat di Ballroom Westin Hotel Surabaya, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jawa Timur Agus Muttaqin, S.H melakukan sosialisasi Peningkatan Penguatan Pelayanan Publik melalui Pengelolaan Pengaduan, rabu(08/09/2022). Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 7 September 2022 dan diikuti oleh 325 peserta yang terdiri seluruh panitia, pejabat yang dilantik dan para tamu undangan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Hakim Tinggi dan Ketua PA Se Jatim. Sosialisasi ini dimoderatori oleh Dr.H. Suhartono, S.H, M.H (Ketua PA Kab Malang) dan didampingi oleh Hj. Siti Romiyani, S.H., M.H. (Panitera PTA Surabaya). 

2

Sebagai salah satu instansi publik, pengadilan juga harus memenuhi asas-asas umum pemerintahan yang baik. Dalam asas tersebut salah satunya adalah pelayanan kepada publik/masyarakat yang baik agar dapat memenuhi kebutuhan pelayanan terhadap masyarakat dan mampu mewujudkan harapan masyarakat yang sesuai dengan perturan yang berlaku.

3

Dalam dilaksanakannya pelayanan publik terdapat tantangan antara lain rendahnya kepatuhan standar pelayanan yang mengakibatkan maladministrasi, yang didominasi oleh perilaku aparatur atau secara sistematis terjadi di instansi pelayanan publik. Seperti ketidakjelasan prosedur, ketidakpastian waktu pelayanan, pungli, korupsi,dan ketidakpastianlayanan, yang mengakibatkan rendahnya kualitas pelayanan publik. Sehingga kepercayaan publik terhadap aparatur pemerintah menurun yang berpotensi mengarah pada apatisme publik. 

4

Untuk menciptakan pelayanan publik yang berkualitas, harus memiliki standar pelayanan yang memiliki dasar hukum, prosedur, waktu, biaya, tarif dan sumberdaya yang jelas. Setelah itu kita wajib memaksimalkan pengelolaan pengaduan internal untuk bahan evaluasi perbaikan pelayanan. Setiap kantor pemerintah juga harus memiliki sarana pengaduan yang mudah diakses bagi masyarakat.

5

Sosialisasi ini diharapkan setiap peserta dapat memahami secara umum standart pelayanan public serta dapat digunakan untuk penguatan pelayanan publik menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Pengadilan Tinggi Agama Surabaya dan seluruh Pengadilan Agama se Jawa Timur. (cit/nvr/one)

Belum ada komentar, jadilah yang pertama Komentar !