Berita Pengadilan Tinggi Agama Surabaya
MOU DIRJEN BADILAG MARI DENGAN UIN IMAM BONJOL PADANG DAN KULIAH UMUM BERSAMA PROF. DR. MUSTAFA DASUKI KESBA
Tanggal Rilis Berita : 09 November 2022, Pukul 00:27 WIB, Telah dilihat 118 Kali

Surabaya – Humas, melalui undangan nomor 4714/DjA.2/HM.00/11/2022 Direktur Jendral Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung mengadakan kegiatan Penandatanganan MOU dan Kuliah Umum yang diikuti oleh Ketua Pengadilan Agama tingkat banding dan tingkat pertama seluruh Indonesia. Kegiatan ini dilakukan secara daring dan dilakukan di Aula  PTA Surabaya pada Rabu, 9 November 2022.

2

Dalam kesempatan ini Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H selaku Dirjen Badilag MARI membuka acara secara resmi dan beliau juga memberikan sambutan singkat kepada para hadirin. Kegiatan yang akan dilakukan hari ini adalah penandatanganan MOU dengan UIN Imam Bonjol dan kuliah umum dengan Prof. Dr. Mustafa Dasuki Kesba yang berasal dari Negara Mesir. “Beliau ini adalah ahli ekonomi islam pada pusat kajian ekonomi islam Universitas Al-Ahzar Kairo yang akan memberikan materi tentang wakaf”, ucapnya. Badilag selalu mengundang pembicara baik nasional maupun internasional dalam rangka meningkatkan kualitas SDM yang ada. “Organisasi yang dinamis perlu diperlukan SDM yang berkualitas dengan berbagai tantantan kemajuan TI saat ini, progresif berpikirnya manusia diperlukan manusia yang mempunyai ilmu untuk berfikir lebih maju lagi. Oleh sebab itu badilag bekerja sama dengan UIN seluruh Indonesia dalam rangka meningkatkan SDM kita”, tambahnya.

3

Kerjasama denga UIN Imam Bonjol ini saya apresiasi dan saya harapkan agar MOU bisa dilaksanakan dengan baik. Kali ini ada beberapa aspek yg diminta oleh Badilag dengan UIN Imam Bonjol melalui MOU hari ini, yaitu fleksibelitas waktu dalam jam kuliah, UIN Imam Bonjol dapat memberikan berikan beasiswa kepada mereka yg berprestasi. Selain itu wakaf di Indonesia sekarang ini semakin dinamis. Status hukum dari tanah maupun bangunan wakaf menjadi problem hukum sekarang ini. Diharapkan dengan kuliah umum akan diberikan pencerahan bagaimana penyelesaian masalah hukum mengenai identifikasi wakaf dengan memberikan status wakaf yang jelas. 

4

Lalu memasuki acara inti yaitu kuliah umum secara online dengan tema kaidah hukum wakaf, wakaf kontemporer, problematika wakaf dan penyelesaiannya serta studi komperatif wakaf yang diterapkan di timur tengah. Dengan pemateri ahli ekonomi islam pada pusat kajian ekonomi Islam Saleh Kamil Universitas Al Ahzar, Kairo Mesir. Yang dipimpin moderator yaitu wakil ketua PA Soreang  H. Abu Jahid Darso Atmojo, Lc., L.L.M., Ph.D., (nvr/one)

5

 

Belum ada komentar, jadilah yang pertama Komentar !