PTA Surabaya
BERITA

Monitoring Penyerapan Pagu Belanja Modal TA. 2021 oleh Mahkamah Agung RI

Selasa, 8 Juni 2021, Pengadilan Tinggi Agama Surabaya mengikuti rapat koordinasi terkait pelaksanaan anggaran belanja modal yang diadakan oleh Mahkamah Agung RI di Command Center PTA Surabaya. Acara ini diikuti oleh Ketua dan Sekretaris pada Pengadilan Tingkat Banding dan Pertama di Empat Lingkungan Peradilan Mahkamah Agung. Dalam kegiatan kali ini PTA Surabaya diwakili oleh Plh. Ketua -  Drs.H.Hasan Bisri, S.H., M.H dan Kepala Bagian Umum dan Keuangan dikarenakan Ketua dan Sekretaris PTA Surabaya sedang melaksanakan dinas luar kantor.

Screenshot-4


Acara diawali oleh monitoring yang dilakukan oleh Sekretaris Mahkamah Agung RI kepada satuan kerja yg masih kurang/belum melakukan penyerapan anggaran secara maksimal. Dalam virtual meting ini, Sekretaris Mahkamah Agung RI nampak keras dan tegas dalam melakukan wawancara langsung kepada Ketua/Sekretaris terhadap satuan kerja yang realisasi penyerapan pagu belanja modalnya masih kurang. Realisasi belanja modal yang menjadi sorotan adalah penyerapan pagu untuk pembangunan/rehabilitasi gedung kantor.

Screenshot-5

Menurut Sekretaris MARI, Dr. H. Hasbi, M.H., "Pembangunan gedung kantor kedepannya untuk satker baru akan diumumkan ke publik mana saja yang terbaik dan terburuk. Sehingga pembangunan dapat benar-benar tercapai baik, terutama dari sisi kontruksi bangunan maupun laporan. Beliau juga memberi pesan agar serius melakukan penyerapan pagu anggaran ini, menurutnya ”kalau benar tidak bisa segera terserap anggaran tersebut, maka akan menjadi koreksi pimpinan untuk melakukan mutasi pegawai karena dianggap tidak mampu, tegasnya.
 

Screenshot-6

Dalam zoom kali ini Sekretaris MARI juga mendengarkan kendala-kendala yang dihadapi oleh satuan kerja sehingga menyebabkan pelaksanaan belanja modal sampai bulan Juni ini  belum terserap sesuai target. Di Pengadilan Tinggi Agama Surabaya sendiri tercatat sudah terealisasi 33,72% dari total pagu anggaran sebesar Rp. 544.790.000,- rupiah. Belanja modal tersebut antara lain berasal dari pengadaan perangkat pengolah data dan peralatan fasilitas perkantoran. Sedangkan untuk satuan kerja diwilayah PTA Surabaya yang realisasi penyerapan anggarannya masih 0% per 8 Juni 2021 antara lain: Pa Bawean, Pa Gresik, Pa Kab. Kediri, Pa Kab. Malang, Pa Kangean, Pa Lamongan, Pa Pamekasan, Pa Sampang, Pa Situbondo.
 

Screenshot-7


Menurut Kabag Umum dan Keuangan, H. Muhammad Nidzom Anshori, S.H., M.H. “ Rata-rata belanja modal satuan kerja diwilayah PTA Surabaya yg belum terserap 100% adalah pengadaan perangkat pengolah data berupa pengadaan PC untuk bagian kepaniteraan. Penyebabnya, rencana pengadaan pada mulanya diproses melalui e-purchasing akan tetapi barang tidak tersedia sehingga membutuhkan waktu untuk menunggu ketersediaan barang. Akhirnya proses pengadaan dirubah menjadi pengadaan langsung dan satuan kerja menargetkan semester 1 sudah terealisasi, Imbuhnya.

Screenshot-8

Tampak suasana serius pada acara kali ini. Para pimpinan peradilan masing-masing saling menyiapkan argumen mereka guna menyanggah masalah penyerapan yang kurang tersebut. Akhir acara, Sekretaris MARI berpesan untuk segera melakukan penyerapan anggaran terutama pagu belanja modal agar tidak menjadi beban di akhir tahun nanti dan semoga di bulan Juni ini yang mendapat alokasi anggaran pembangunan/rehabilitasi gedung kantor dapat segera terserap maksimal dan terlaksana dengan baik. (iwn/nurs/zdom)

Tahukah Kamu Fakta Tentang PTA Surabaya ?

PTA Surabaya mempunyai 37 Pengadilan Tingkat Pertama

Berita Terkini

APLIKASI E-SADEWA : ERA BARU PENGELOLAAN BMN MA RI By : Novera Intan Hapsari Suwarno Putri, S.Sos Tanggal : 03 September 2021

Surabaya - Selasa, 21 Desember 2021 Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Mengikuti Acara Sosialisasi Penggunaan Aplikasi E-SADEWA Yang Diadakan Oleh Sekretaris Mahkamah Agung RI Sesuai Dengan Surat Undangan Sekretaris MARI Nomor:...

ACARA PURNABHAKTI HAKIM TINGGI PTA SURABAYA By : Muh. Basuki Kurniawan, A.Md Tanggal : 17 Februari 2021

Surabaya – Humas, Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Melaksanakan Acara Purna Bhakti Hakim Tinggi - H. Basuni S.H., M.H. Yang Memasuki Masa Purnabakti TMT 01 Nopember 2021 Berdasarkan Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor: 00099/13001/AV/09/21...

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambah Komentar

* Email tidak akan dipublikasikan
* Jika tidak diisi akan menggunakan foto default