PTA Surabaya
BERITA

Pelatihan Excellent Service Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan, maka hari Jumat, 3 September 2021 diadakan Pelatihan Excellent Service yang bekerja sama dengan BSI Cabang Darmo Surabaya. Diselenggarakannya acara ini merupakan salah satu usaha untuk menuju Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/ Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Pengadilan Tinggi Agama Surabaya. Dengan diadakannya acara ini diharapkan  semua pegawai Pengadilan Tinggi Agama dapat memberikan pelayanan yang memuaskan bagi masyarakat. Acara diadakan di Aula Pengadilan Tinggi Agama Surabaya dengan tetap menjaga protocol kesehatan.
 

one

Acara dihadiri oleh Dr. Drs. H. Muh. Abduh Sulaeman, S.H., M.H selaku Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya, Kepala Cabang BSI Darmo Surabaya Bayu Manti Putra, Ketua Area 6 ZI Drs. H. Hasan Bisri, S.H., M.H , Panitera PTA Surabaya Hj. Siti Romiyani, S.H., M.H, beberapa penitera pengganti dan peserta pelatihan yang sebagian besar adalah PPNPN di lingkungan PTA Surabaya. Acara ini diawali dengan doa dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Bapak Drs. H. Hasan Bisri, S.H., M.H selaku Ketua ZI area 6 . Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pelayanan depan (satpam hingga petugas PTSP) merupakan ujung tombak PTA Surabaya untuk memberikan layanan kepada masyarakat. Supaya masyarakat dapat merasa puas dengan layanan yang diberikan, maka satpam dan petugas PTSP diharapkan mengetahui SOP pelayanan. Beliau mengingatkan agar jangan sampai terjadi praktek korupsi di lingkungan PTA “Diharapkan kepada seluruh petugas pelayanan untuk tidak menerima barang ataupun sogokkan sekecil apapun agar kita benar-benar menjadi Lembaga yang bebas korupsi dan tidak sia-sia perjuangan kita untuk memperoleh WBK/WBBM”

Bapak Bayu Manti Putra selaku Kepala Cabang BSI Darmo Surabaya juga menyampaikan dengan adanya  kerjasama antara BSI Cabang Darmo Surabaya dan PTA surabaya dapat mempererat silaturahim antar 2 pihak. Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya, Dr. Drs. H. Muh. Abduh Sulaeman, S.H., M.H  juga menyampaikan terima kasih kepada BSI cabang Surabaya atas kerja sama yang terjalin hingga dapat melaksanakan kegiatan pelatihan yang sangat bermanfaat bagi PTA Surabaya. “Pelatihan ini merupakan salah satu wujud program kemiteraan PTA dengan institusi lain. Dimana ini adalah salah satu upaya untuk membangun Zona Intergritas” sekaligus membuka acara pelatihan. Dalam kesempatannya beliau juga berharap setelah diadakannya pelatihan ini, petugas tetap konsisten dalam implementasi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

tu

Setelah sambutan selesai, selanjutnya acara inti yaitu penyampaian materi. Materi disampaikan oleh Iskandar Setiawan dan Bapak Rusmin Rapi sebagai moderator. Materi yang disampaikan mencangkup layanan, prinsip dasar pelayanan pelanggan, komunikasi layanan dan standar kualitas penampilan. Tentang layanan yang berhubungan erat dengan ekspetasi pelanggan/customer. Pelanggan akan sangat merasa puas apabila layanan yang diberikan melebihi ekspetasinya dan akan merasa kecewa apabila kualitas pelayanan yang didapatkan lebih rendah dari pada yang diharapkan. Sehingga sebisa mungkin petugas pelayanan dapat melampaui ekspetasi pelayanan tamu/customer.
 

tri


Terdapat 5 prinsip pelayanan pelanggan, pertama menciptakan kesan yang positif, hal ini dapat dilakukan dengan memberi gesture yang baik saat menerima/melayani tamu. Kedua ramah dan sopan. Cara terbaik ialah dengan mengenalkan diri dan memberikan senyum yang tulus kepada tamu/customer. Ketiga, menunjukkan sikap yang baik. Dalam hal ini dapat dilakukan dengan menjadi pendengar dan memberikan solusi terhadap masalah yang dikeluhkan. Keempat, integritas dengan mengutamakan kejujuran dalam pelayanan. Kelima, melayani dengan sepenuh hati.

four

Yang terakhir mengenai komunikasi layanan dan standar penampilan. Saat melakukan layanan (berkomunikasi dengan tamu), baik petugas PTSP dan satpam hendaknya selalu sigap, terbuka dan menyimak segala perkataan tamu/customer serta melayani dengan ramah.  Dan juga selalu memperhatikan penampilan semaksimal mungkin. (nvr/cit/dzom)

Tahukah Kamu Fakta Tentang PTA Surabaya ?

PTA Surabaya mempunyai 37 Pengadilan Tingkat Pertama

Berita Terkini

Pelatihan Excellent Service Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan By : H. Muhammad Nidzom Anshori, S.H., M.H. Tanggal : 05 November 2020

Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan, Maka Hari Jumat, 3 September 2021 Diadakan Pelatihan Excellent Service Yang Bekerja Sama Dengan BSI Cabang Darmo Surabaya. Diselenggarakannya Acara Ini Merupakan Salah Satu Usaha Untuk Menuju Zona...

Launching Portal Aplikasi Kepanitera Pta Surabaya Dan Sosialisasi Jaminan Pemenuhan Hak Hak Perempuan Dan Anak Pasca Perceraian By : H. Muhammad Nidzom Anshori, S.H., M.H. Tanggal : 05 November 2020

Surabaya, 11 Juni 2021, Adalah Hari Terakhir Acara Bimtek Aplikasi Keuangan Perkara, Ketua PTA Surabaya Melakukan Launching Portal Aplikasi Kepaniteraan PTA Surabaya Yaitu Portal KARAPAN Yang Berisi 5 Aplikasi Untuk Memudahkan Kinerja Sarker Di...

Komentar

  • Jarwo Tanggal : 08 September 2021

    Mantab... PTA Sby Semakin Jaya

  • PTA Surabaya Tanggal : 08 September 2021

    Terima kasih atas komentar dan saran yang telah diberikan, kami akan selalu berusaha meningkatkan kualitas dan pelayanan.

Tambah Komentar

* Email tidak akan dipublikasikan
* Jika tidak diisi akan menggunakan foto default